UNTUK INDONESIA
Lima Klub Siap Jadi Tuan Rumah Piala Presiden
PSSI menyatakan lima klub yang menjadi tuan rumah Piala Presiden 2017 siap menyelenggarakan turnamen pra-musim tersebut.
Deputi Sekjen PSSI Erlangga Arya (kiri), dan Direktur Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad (tengah), bersama sejumlah manajer tim sepak bola peserta Piala Presiden saat memberikan keterangan pers mengenai Piala Presiden 2017 di Jakarta, Selasa (24/1). (Foto: Ant)

Jakarta, (Tagar/31/1) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan lima klub yang menjadi tuan rumah Piala Presiden 2017 siap menyelenggarakan turnamen pra-musim tersebut.

"Semuanya sudah siap, termasuk stadion dan hotel. Khusus pembukaan di Sleman, PSSI akan mengambil alih penyelenggaraan karena rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo," ujar Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2017 Iwan Budianto di Jakarta, Selasa (31/1).

Adapun lima stadion berbeda ditunjuk sebagai tuan rumah yaitu Stadion Maguwoharjo, Sleman; Stadion Kanjuruhan, Malang; Stadion Jalak Harupat, Bandung, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali; dan Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Pembukaan diadakan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Sabtu (4/2) dan penutupan diselenggarakan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (12/3).

Iwan yang juga menjabat Kepala Staf Ketua Umum PSSI tersebut menuturkan setiap tuan rumah akan mendapatkan subsidi sebesar Rp800 juta yang digunakan untuk menjamu tiga tim lainnya di grup.

"Selain itu ada biaya transportasi kepada tim-tim peserta Piala Presiden 2017 selain tuan rumah masing-masing Rp100 juta. Khusus untuk Persipura Jayapura dan Perseru Serui, jumlahnya lebih sekitar 25 persen karena jaraknya lebih jauh," tutur Iwan.

Sebanyak 20 klub yang berpartisipasi di Piala Presiden 2017 dibagi dalam lima grup.

Grup 1, dimainkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dihuni oleh PSS Sleman sebagai tuan rumah, Mitra Kukar, Persegres Gresik dan Persipura Jayapura.

Grup 2, yang dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, Malang, diisi Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan PS TNI.

Grup 3 yang ditandingkan di Stadion Jalak Harupat, Bandung, diikuti oleh Persib Bandung, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, dan Persela Lamongan.

Grup 4 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, dihuni oleh Bali United, Sriwijaya FC, Pusamania Borneo, dan Barito Putra.

Grup 5 dilaksanakan di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, beranggotakan Madura United, Semen Padang, Perseru Serui, dan PSCS Cilacap.

Tim yang dinyatakan lolos ke delapan besar adalah juara grup ditambah tiga tim "runner up" terbaik yang selanjutnya bertarung sampai final.

Pada babak delapan besar dan final, pertandingan akan dilaksanakan dalam format laga tunggal ("single match"), sementara semifinal dihelat dalam skema kandang-tandang.

Khusus untuk perempat final, stadion tempat penyelenggaraan pertandingan ditentukan kemudian.

Juara Piala Presiden 2017 nantinya menerima hadiah sebesar Rp3 miliar, peringkat kedua mendapat Rp2 miliar, peringkat ketiga Rp1 miliar, dan peringkat keempat Rp500 juta.

Berita terkait
0
Penyebar Video Mesum Mirip Gisella Anastasia Dikejar Polisi
Kepolisian Polda Metro Jaya berharap adanya laporan atas penyebar video mesum dengan pemeran wanita yang mirip dengan penyanyi Gisella Anastasia.