UNTUK INDONESIA
Lima Gebrakan Super Junior di Industri K-Pop Dunia
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah gebrakan Super Junior sepanjang 14 tahun perjalanan kariernya.
Siwon memperingati 14 tahin perjalanan Super Junior. (Foto: Instagram/siwonchoi)

Jakarta - Boyband Super Junior atau Suju, merayakan hari jadinya ke-14 tahun pada hari ini, Rabu, 6 November 2019. Pencapaian itu menjadikan mereka sebagai salah satu kelompok vokal pria yang paling lama bertahan di industri musik Korea Selatan.

Sejak menggebrak dunia musik pada tahun 2005 lalu, Suju telah menjadi salah satu grup paling berpengaruh di kancah K-Pop hingga sekarang. Sederet genre musik juga pernah coba dibawakan oleh boyband besutan SM Entretainment ini.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah gebrakan Super Junior sepanjang 14 tahun perjalanan kariernya.

1. Menciptakan Konsep Sub-Unit

Bukan rahasia lagi kalau fenomena sub-unit yang diaplikasikan sejumlah grup idol, merupakan konsep yang pertama kali diusung oleh Super Junior. Mereka diketahui membentuk Super Junior-M (SJ-M) sebagai sub-unit yang berkonsentrasi untuk melakukan promosi dan mengambil pasar di Tiongkok.

Super Junior-M yang saat itu baru didirikan menjadi grup musik internasional pertama di Tiongkok, yang menampilkan anggota keturunan Cina dan Korea. Ini memungkinkan mereka masuk dengan lancar ke pasar Cina, karena mereka debut dengan versi Cina dari lagu mereka yang diberi judul U.

2. Menang di MTV Asia Awards

Pada tahun 2008, Super Junior menjadi boyband pertama dan terakhir dari generasi kedua di era itu yang memenangkan penghargaan Artis Favorit Korea di MTV Asia Awards.

Pasalnya, pada tahun berikutnya dan hingga kini, penghargaan untuk kategori itu ditiadakan.

3. Go International

Super Junior menapaki pencapaian baru dengan go international usai lagu dari album ketiga mereka yang berjudul Sorry Sorry, viral di sejumlah platform media sosial di seluruh dunia.

Lagu tersebut menggila dan mempengaruhi banyak anak muda di berbagai belahan dunia untuk menarikan tarian yang ada di video klip Sorry-Sorry.

Tak ayal, melalui tembang fenomenal tersebut, Suju berhasil menghantarkan kepopuleran K-Pop ke kancah internasional.


4. Menggelar Kuliah Umum di Oxford

Pada 2013, Super Junior menerima undangan dari Asosiasi Oxford Asia Pasifik dan Dewan Siswa Korea di mana mereka mengadakan kuliah umum yang diberi judul, Super Junior: The Last Man Standing.

Baca juga: Doyoung dan Haechan NCT 127 Cover Lagu Cinta Luar Biasa

Pada saat itu, Eunhyuk, Siwon, Kyuhyun, dan Kangin menghadiri gelaran prestisius fdari Universitas yang berbasis di Inggris tersebut sebagai dosen tamu. Mereka membahas kesuksesan mereka sebagai artis serta pemikiran mereka sendiri tentang K-pop dan Hallyu.

5. Artis Terbaik di Ajang Penghargaan Negara Lain

Super Junior berhasil menyabet penghargaan dalam kategori Artist of The Year di ajang KKBOX Music Awards. Prestasi ini menjadikan Suju sebagai artis berbahasa asing pertama yang memenangi penghargaan kategori tersebut di ajang penghargaan musik Taiwan.

Sebelumnya, Super Junior juga memenangkan sejumlah penghargaan di ajang tersebut pada tahun-tahun sebelumnya, seperti misalnya dalam kategori Best Korean Singer of the Year pada 2012, serta Best Korean Artist pada tahun 2013 dan 2015. []

Berita terkait
iKON Pukau Penonton Jakarta di Gudfest 2019
Kelompok boyband Ikon tampil memukau di hadapan para fans Indonesia dalam gelaran Gudfest 2019 di Jakarta, Sabtu malam, 2 November 2019.
Blink 182 Kenakan Kostum Joker Saat Manggung
Kesuksesan film Joker rupanya menginspirasi banyak orang untuk mengenakan kostum sang badut kriminal.
Taeyang dan Daesung Bigbang Selesaikan Wajib Militer
Manajemen YG Entertainment merilis kabar selesainya masa wajib militer (wamil) dua member Bigbang, yakni Taeyang dan Daesung pada 10 November 2019.
0
Target Semifinal, Persik Tak Remehkan Martapura FC
Persik Kediri target menang untuk memastikan ke semifinal saat menghadapi Martapura FC di laga terakhir 8 Besar Liga 2, Senin 18 November 2019.