UNTUK INDONESIA
Lima Fakta Gaya Hidup Baru Ki Joko Bodo
Hijrah Ki Joko Bodo mendapat sorotan positif dari publik. Dia melepas semua atribut sebagai paranormal. Dia tidak lagi main klenik.
Ki Joko Bodo mengenakan baju muslim dan peci (Foto: Instagram.com/deligeistpro)

Jakarta - Perjalanan hijrah Ki Joko Bodo mendapat sorotan positif dari publik. Ki Joko Bodo melepas semua atribut sebagai paranormal. Dia tidak lagi main klenik dan tidak lagi berpenampilan nyentrik. 

Penampilannya pun kini rapi tidak lagi gondrong dan berantakan. Ki Joko Bodo sekarang tampak religius dan Islami. Benda-benda bertuah miliknya pun telah dibakar.


1. Mewakafkan Rumah untuk Masjid

Dulu, Ki Joko Bodo adalah seorang paranomal. Orang lebih suka menyebutnya sebagai dukun. Praktik perdukunan Ki Joko Bodo berlangsung puluhan tahun di Istana Wong Shintink. Istana itu merupakan tempat tinggalnya di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Terkenal sebagai paranormal kondang, Ki Joko Bodo memiliki banyak klien dari kalangan selebritis, pejabat hingga pengusaha. Dari situlah, dia punya banyak pundi-pundi keuangan. Hartanya berlimpah. Dia pun mampu membeli mobil sport mewah.

Istana Wong Shintink yang tadinya tempat bertapanya kini diwakafkan untuk menjadi masjid. Ki Joko Bodo juga menekankan pentingnya salat lima waktu dan mengaji kepada sepuluh anaknya.  

"Saat ini aku ingin mengabdi kepada masyarakat. Rumah sudah aku wakafkan untuk masjid tempat praktik (paranormal) dulu," ujar Ki Joko Bodo. 

Ki Joko BodoKi Joko Bodo. (Foto: Istimewa)


2. Penampilan Berubah Total

Penampilan Ki Joko Bodo pun kini rapi tidak lagi gondrong dan berantakan. Ki Joko Bodo sekarang tampak religius dan Islami. Janggutnya dipangkas habis. Padahal, dulu Ki Joko Bodo selalu berpenampilan nyentrik dengan rambut gondrong keriwil, janggut panjang, dan berpakaian serba hitam dan seram. Orang pun takut memandangnya.

Kini, dia kelihatan klimis, rapi, tidak gondrong dan berjenggot. Wajahnya pun tampak bersih dan segar. Mantan dukun ini juga rajin memakai pakaian muslim dan peci. Juga rajin salat lima waktu.

3. Musnahkan Praktik Perdukunan 

Ki Joko Bodo bertekad keluar dari lingkaran setan. Dia ingin bertobat meninggalkan dunia klenik. Benda-benda bertuah miliknya pun telah dibuang semisal sejumlah keris dan lukisan.

"Iya, aku sudah bakar semua keris dan lukisan-lukisan karena memang muslim seperti itu ajarannya, jadi enggak boleh ada lukisan yang bergambar manusia," kata Ki Joko Bodo.

Ki Joko BodoKi Joko Bodo. (Foto: Tagar/Regita Putri)

4. Bertobat Setelah Umrah 

Ki Joko Bodo mengalami pertobatan sejak 2014. Langkah hijrah Ki Joko Bodo tatkala ibadah umrah di Tanah Suci, Mekkah. Dorongan kuat untuk insyaf dan berubah makin luar biasa ketika melihat Kakbah. Sejak saat itu, dia semakin yakin keberadaan Allah SWT. Tadinya dia tidak yakin adanya Tuhan. Kini, Ki Joko Bodo makin memperdalam ilmu agama Islam.


5. Makin Dekat dengan Allah 

Pria ini bernama asli Agus Yulianto lahir di Singaraja, Bali, 17 Februari 1964. Dia pernah membintangi film Terowongan Casablanca tahun 2006. 

Dia mengaku apa yang dulu telah dilakukan menyimpang dari ajaran agama Islam. Ki Joko Bodo sekarang ini hanya ingin menjalani hidup sesuai ajaran agama.

"Kalau dulu ibadah Senin-Kamis, kalau sekarang lebih mendekatkan diri apalagi ini di bulan puasa jadi kita lebih khusyuk beribadah kepada Yang Maha Kuasa," ungkap Ki Joko Bodo.

"Yang penting kita berbakti menuju kepada sang Khalik. Kalau dulu mencari Tuhan kalau sekarang sudah menemukan Tuhan," pungkasnya.  []

Baca juga:

Berita terkait
0
Perwal Medan Lawan Covid, Warga Wajib Pakai Masker
Peraturan Wali Kota Karantina Kesehatan dalam rangka memutus Covid- 2019 di Kota Medan resmi diberlakukan.