Indonesia
Perjalanan Hidup Ki Joko Bodo
Hijrah Ki Joko Bodo mendapat sorotan positif dari publik. Dia melepas semua atribut sebagai paranormal. Dia tidak lagi main klenik.
Ki Joko Bodo. (Foto: Tagar/Regita Putri)

Jakarta - Perjalanan hijrah Ki Joko Bodo mendapat sorotan positif dari publik. Dia melepas semua atribut sebagai paranormal. Dia tidak lagi main klenik dan tidak nyentrik. Penampilannya pun kini rapi tidak lagi gondrong dan berantakan. Ki Joko Bodo sekarang tampak religius dan Islami. Benda-benda bertuah miliknya telah dibuang.

Paranormal

Dulu, Ki Joko Bodo adalah seorang paranomal atau orang lebih suka menyebutnya dukun. Praktik perdukunan Ki Joko Bodo berlangsung puluhan tahun di Istana Wong Shintink. Istana itu merupakan tempat tinggalnya di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Waktu masih jadi dukun, dia sering bertapa di istana tersebut. Istana itu menjadi rumah ibadahnya melakukan ritual klenik. Layanan Ki Joko Bodo sewaktu masih menjadi paranormal melayani santet, pelet, pengasihan, pesugihan, ilmu kebal, jimat judi, pasang susuk, jimat jaran goyang, dan sebagainya. Iklan paranomal Ki Joko Bodo kerap mengisi halaman Majalah Misteri sebagai ahli supranatural.

Pria ini bernama asli Agus Yulianto lahir di Singaraja, Bali, 17 Februari 1964. Dia pernah membintangi film Terowongan Casablanca tahun 2006. 

Awalnya dia terjun ke dunia spritual untuk menenangkan diri lantaran biduk rumah tangganya selalu gagal. Diketahui, dia pernah menikah empat kali. Semuanya berantakan hingga akhirnya memasuki dunia spritual sampai menjurus klenik.

Sekarang mau dekat dengan sang Khalik. Mau lebih dekat dengan Allah. Biar hidup terarah. Dulu mencari Tuhan sekarang sudah menemukan Tuhan

Hijrah

Ada perubahan drastis pada penampilan Ki Joko Bodo. Dia kelihatan klimis, rapi, tidak gondrong dan tidak jenggotan. Wajahnya pun tampak bersih dan segar. Mantan dukun juga rajin memakai pakaian muslim dan peci. Juga rajin salat lima waktu.

"Saya sebagai tetangga yang kebetulan yang rumahnya berdekatan, ya saya hanya bisa cerita yang saya bisa lihat saja, apa yang saya lihat sudah beberapa bulan belakangan yang saya lihat beliau sudah ada perubahan, yang dulunya tidak pernah salat ke musala atau ke masjid," kata Sumono, dikutip Tagar, Rabu 15 Mei 2019.

Langkah hijrah Ki Joko Bodo tatkala ibadah umrah di Tanah Suci, Mekkah. Dorongan kuat untuk insyaf dan berubah makin luar biasa ketika melihat Kakbah. Sejak saat itu, dia semakin yakin keberadaan Allah SWT. Tadinya dia tidak yakin adanya Tuhan. Kini, Ki Joko Bodo makin mempelajari ilmu agama Islam.

Istana Wong Shintink yang tadinya tempat bertapanya, kini diwakafkan untuk menjadi masjid. Ki Joko Bodo juga menekankan pentingnya salat lima waktu dan mengaji kepada sepuluh anaknya. 

"Saat ini aku ingin mengabdi kepada masyarakat. Rumah sudah aku wakafkan untuk masjid tempat praktik (paranormal) dulu," ujar Ki Joko Bodo.

Dia mengaku apa yang dulu telah dilakukan menyimpang dari ajaran agama Islam. Ki Joko Bodo sekarang ini hanya ingin menjalani hidup sesuai ajaran agama.

"Sekarang mau dekat dengan sang Khalik. Mau lebih dekat dengan Allah. Biar hidup terarah. Dulu mencari Tuhan sekarang sudah menemukan Tuhan," pungkasnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
PSM Juara, Bidan Cantik di Bantaeng Akhirnya Dipinang
Seorang anggota The Red Gank Zona Bantaeng bernama Adi mempersunting kekasihnya yang merupakan seorang Bidan Desa.