UNTUK INDONESIA
Lima Destinasi Wisata di Israel yang Jarang Diketahui
Selain dikenal dengan wisata religi bagi umat Yahudi dan Kristen, ada sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik di Israel.
Pemandangan Lembah Hula. (Foto: israelgoodname.blog)

Jakarta - Israel merupakan negara di Timur Tengah yang memiliki sejumlah tempat wisata religi, terutama bagi umat Yahudi dan Kristen. Selain dikenal dengan wisata religi, ada sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik.

Berikut Tagar rangkum lima destinasi wisata di Israek yang jarang diketahui.

1. Gurun Pasir Merah

Gurun ini terletak di sebuah kawah bernama Ramon yang menduduki gunung bernama Negev. Gurun seluas 400 km² ini dikenal dengan warna pasirnya yang berwarna merah. Diketahui, tempat ini merupakan gurun pasir di atas pasir terluas di dunia. 

Kawah Ramon ini menjadi tempat wisata yang cukup populer karena tidak banyak gurun yang memiliki pasir berwarna merah. Tempat ini berjarak sekitar 200 kilometer dari selatan ibu kota Israel, Tel Aviv.

Selain menikmati pemandangan gurun, di tempat ini pengunjung dapat menyaksikan kehidupan fauna, seperti kambing gurun dan keledai gurun yang menghuni kawasan tersebut.

Gurun Pasir MerahMakhtesh Ramon yang memiliki keunikan gurun pasir merah. (Foto: lonelytraveller.com)

2. Taman Yarkon

Taman ini terletak di ibu kota Israel Tel Aviv. Taman yang memiliki luas 3,5 km² ini difungsikan sebagai paru-paru kota di sana. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sana, seperti olahraga sepeda, mengunjungi kebun binatang di sana, hingga menyaksikan konser dari musisi dunia.

Ada banyak musisi dunia yang pernah tampil di Taman Yarkon, seperti Paul McCartney, Bob Dylan, Bon Jovi, hingga Madonna. 

Taman ini dimanfaatkan warga sekitar untuk berkumpul bersama keluarga atau olah raga di akhir pekan. Selain itu, Taman Yarkon memiliki area rekreasi danau yang dimanfaatkan untuk kegiatan naik perahu.

Taman YarkonPemandangan di Taman Yarkon, Tel Aviv. (Foto: israelsgoodname.blog)

3. Marina Hezliya

Marina yang terletak tidak jauh dari ibu kota Tel Aviv ini merupakan tempat sandar kapal-kapal pesiar dari seluruh dunia. Tempat ini biasanya menjadi tempat berkumpul wisatawan 'berkantong tebal' dari seluruh dunia.

Di marina ini, terdapat banyak restoran, hotel, dan apartemen mewah untuk memanjakan para pengunjung. Selain itu, para pengunjung akan disuguhi pemandangan Laut Mediterania yang menjadi jalur pelayaran negara-negara sekitar, seperti Italia, Turki, Yunani, dan Mesir.

Marina HerzliyaPemandangan Marina Hezliya dari udara. (Foto: shared-house.com)

4. Lembah Hula

Lembah Hula merupakan bentang alam yang memiliki luas 177 km² dan terletak di sebelah utara Israel. Di lembah ini, wisatawan dapat melihat sekawanan lembu yang digembalakan masyarakat setempat.

Tempat ini dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak sumber mata air dengan tanah yang subur. Selain untuk kegiatan wisata, lembah ini dimanfaatkan untuk aktivitas pertanian.

Lembah ini sangat ramai dikunjungi masyarakat ketika musim gugur untuk menikmati liburan di sekitar danau yang berada di tengah lembah.

Lembah HulaPemandangan Lembah Hula. (Foto: israelgoodname.blog)
5. Dataran Tinggi Golan

Dataran Tinggi Golan terletak di kawasan perbatasan Israel dengan Lebanon, Yordania, dan Suriah

Tempat yang awalnya merupakan bagian wilayah Suriah ini kemudian direbut Israel, setelah Perang Enam Hari berkecamuk antara Israel dan sekutu dengan negara-negara Arab pada 1967 dan Perang Yom Kippur pada 1973.

Dataran tinggi ini menjadi tempat wisata bagi masyarakat setempat. Selain memiliki lanskap yang indah, di tengah dataran tinggi ini terdapat sebuah danau yang menjadi sumber mata air bagi masyarakat setempat.

Dataran Tinggi GolanPemandangan Dataran Tinggi Golan. (Foto: jpost.com)

Berita terkait
Lima Destinasi Wisata Aneh di Dunia
Beberapa kawasan wisata ini dikenal karena menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa dan belum tentu dapat dilihat di tempat lain.
Lima Destinasi Wisata Umat Kristen di Indonesia
Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, keharmonisan tersebut juga dapat dilihat dari keberagaman lokasi wisata rohani di Indonesia.
Lima Wisata Taman Bunga Paling Romantis di Indonesia
Sejumlah tempat wisata dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya yang menyukai keindahan hamparan bunga-bunga.
0
Canda Bawa Bom, Penumpang di Adisutjipto Diamankan
Penumpang pesawat AsiaAsia di Bandara Adisutjipto Yogyakata diamankan setelah bercanda membawa bom. Dia terancam terkena sanksi pidana.