UNTUK INDONESIA
Lima Artis Drakor Cantik Nekat Bunuh Diri
Tak sedikit artis drakor cantik yang nekat memutuskan untuk bunuh diri akibat sisi gelap penuh tekanan dari banyak pihak.
Artis drakor cantik yang memutuskan bunuh diri, yaitu (kiri ke kanan) Jang Ja Yeon, Ahn So Jin, dan Sulli. (Foto: onehallyu/Instagramjelly_jilli)

Jakarta - Gemerlapnya kehidupan artis drama Korea alias drakor ternyata tersembunyi sisi gelap penuh tekanan dari banyak pihak. Meski diberkati paras cantik, sedikit saja salah di mata publik maka efeknya bisa merembet ke karier hingga mempengaruhi kesehatan mental. Bahkan tak sedikit yang nekat memutuskan untuk bunuh diri.

Berikut lima artis drakor cantik nekat bunuh diri:

1. Sulli (1994-2019)

Sulli merupakan artis drakor kenamaan Korea Selatan. Usianya baru 25 tahun tetapi telah membintangi deretan serial drakor TV seperti The Ballad of Seo Dong (2005), Vacation (2006), Oh My Lady (2010), To the Beautiful You (2012), Fashion King (2014), dan masih banyak lagi.

Perempuan bernama asli Choi Jin-ri tersebut juga pandai bernyanyi dan bergoyang. Bakatnya itu diketahui agensi SM Entertaiment dengan mengajak Sulli masuk ke girlband f(X) pada 2009.

Namun, satu tahun lalu, perempuan cantik itu membuat geger publik dan penikmat drakor. Sulli ditemukan tak bernyawa setelah melakukan aksi bunuh diri di rumahnya pada 14 Oktober 2019. Sulli bunuh diri diduga karena akibat depresi akibat tekanan dari warganet yang menjadikannya bahan bully atau perundungan.

SulliSulli. (Foto: South China Morning Post)

2. Jang Ja Yeon (1982-2009)

Sebagai artis drakor pendatang baru yang sedang menanjak naik, aksi Jang Ja Yeon membuat jagat hiburan Korea Selatan heboh. Bintang drakor serial Boys Before Flowers itu nekat mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri pada 7 maret 2009.

Baca juga:

Sebelum memutuskan bunuh diri, Ja Yeon meninggalkan surat yang ditulisnya sebanyak tujuh halaman. Dalam surat itu, perempuan kelahiran 25 Januari 1980 itu mengungkapkan sisi gelapnya yang selama ini tak pernah diungkap.

Ja Yeon menulis tak tahan lagi menjadi budak seks para petinggi televisi. Ia mengaku telah diperkosa dan dipaksa melayani 31 pria selama kariernya di dunia hiburan Korea Selatan. Puluhan pria yang telah memperkosanya bukan orang biasa, tetapi sosok-sosok petinggi industri hiburan.

Jang Ja YeonJang Ja Yeon. (Foto: Instagram/korea_ahmad)

3. Lee Hye Ryeon (1981-2007)

Aktris drakor cantik selanjutnya yang memutuskan bunuh diri adalah Lee Hye Ryeon. Bila Jang Ja Yeon bunuh diri ketika merangkak tenar, Hye Ryeon nekat mengakhiri hidupnya di tengah popularitasnya yang melambung.

Perempuan kelahiran 3 Mei 1981 itu ditemukan gantung diri di apartemennya di Seogu, Incheon pada 21 Januari 2007. Pihak keluarga yang memberikan keterangan menyebutkan, Hye Ryeon bunuh diri karena mengalami depresi.

Perempuan karib disapa UNee itu sempat membintangi sejumlah judul drakor di antaranya Seventeen, Zilzu, dan The King and the Queen. Kariernya kemudian merambah dunia tarik suara.

Lee Hye RyeonLee Hye Ryeon. (Foto: Instagram/hye_ryeon_lee)

4. Woo Seung Yoon (1983-2009)

Lain halnya dengan Jang Ja Yeon  dan Lee Hye Ryeon, artis drakor Woo Seung Yoon nekat bunuh diri setelah menerima hasil yang tak positif dalam audisi. 

Artis cantik ini ditemukan tak bernyawa dengan posisi gantung diri di rumahnya di Jamsil, Korea Selatan pada 28 April 2009. Sebelum menghembuskan nafas terakhir Woo Seung Yoon sempat menuliskan permintaan maaf kepada saudaranya.

Selama berkarier di industri hiburan Korea Selatan, perempuan yang tutup usia 25 tahun tersebut sempat membintangi drakor berjudul Herb dan Private Eye.

Woo Seung YoonWoo Seung Yoon. (Foto: hancinema.net)

5. Ahn So Jin (1992-2015)

Ahn So Jin merupakan leader girlband Baby KARA. Agensi yang menaunginya DSP Media memberi kesempatan untuk Sojin melengkapi girlbandnya dengan mencari member lain dalam acara variety show televisi  bertajuk KARA Project.

Dalam acara itu, Sojin tampil hingga babak final sebanyak enam episode. Selama tayang, ia dituntut agensinya untuk ceria dan menampilkan keseksiannya.

Namun, di tengah sukses mengukir karir bersama Baby KARA, Sojin nekat bunuh diri dengan melompat dari lantai 10 apartemen miliknya di kawasan Daeduk, Korea Selatan pada 25 Juni 2015. Sojin diduga bunuh diri karena kontraknya dengan DSP Media belum juga diperpanjang sehingga kesehatan mentalnya menjadi terganggu.

Ahn So JinAhn So Jin. (Foto: Instagram/ctacras78)

Jika Anda butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi, tekanan mental, atau kesehatan jiwa. Termasuk melihat atau mengetahui orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri, Anda dapat menghubungi  fasilitas layanan darurat Kementerian Kesehatan Indonesia di call center dengan memencet nomor 119.

Berita terkait
Tiga Bintang K-Pop Cantik Ulang Tahun Bulan September
Tiga bintang K-Pop canti kmerayakan ulang tahun di bulan September. Mereka berzodiak Virgo atau Libra ya?
5 Artis Indonesia Tak Malu Mengaku ARMY BTS
Di Indonesia, ARMY BTS tak dapat dianggap sebelah mata. Mulai dari masyarakat umum, musisi, hingga artis mengidolakan boyband K-pop itu.
Tekanan Mental Shin Minah Eks ILUV Sebelum Bunuh Diri
Eks personel girlband ILUV, Shin Minah, mengalami tekanan mental sebelum memutuskan bunuh diri.
0
Jaringan Kiai Tahlil Sleman Dukung Kustini - Danang
Sejumlah tokoh kiai NU Sleman mendeklarikan diri dalam Jaringan Kiai Tahlil mendukung paslon Kustini - Danang pada Pilkada 2020.