Jakarta - Bangtan Sonyeondan alias BTS dan EXO menjadi idol K-Pop dengan kapasitas brand value tertinggi bulan September 2020 berdasarkan riset Korea Institute of Corporate Reputation.
Dikutip dari laman Allkpop, penelitian itu berdasarkan analisis big data, partisipasi responden, aktivitas media, komunikasi, dan interaksi dalam komunitas sendiri.
Korea Institute of Corporate Reputation melakukan riset itu dari 11 Agustus hingga 11 September 2020. Hasilnya BTS berada di urutan teratas mengalahkan semua boyband asal Korea Selatan terkait brand value.
Dalam riset tersebut, brand value BTS menjadi tertinggi bulan September 2020 dengan total raihan 17.700.138 poin. Meningkat sekitar 98% pada bulan Agustus, ketika boyband itu juga menempati posisi pertama dengan pencapaian 8.924.775 poin.
Baca juga:
- Dynamite Today Trending Jelang BTS Rilis Single Baru
- Vinyl dan Kaset Single Dynamite Milik BTS Ludes Terjual
- 5 Artis Indonesia Tak Malu Mengaku ARMY BTS
- Harvard Bakal Ungkap Strategi Kesuksesan BTS
- Rekor! Sejam Klip Dynamite BTS Dilihat 18 Juta Penonton
- 24 Jam Tayang, Klip Dynamite BTS Tembus 98,2 Juta Penonton
- Lagu Dynamite BTS Geser Rekor BLACKPINK di YouTube
- Total Tagar Jungkook BTS di TikTok 15,6 Miliar
- Fakta Break the Silence dan 3 Film Milik BTS
Brand value boyband EXO berada di posisi ke-2 dengan raihan total 2.271.119 poin, diikuti Seventeen di tempat ke-3 dengan 2.135.606 poin. Selanjutnya, NCT menempati posisi ke-4 dengan total 1.835.865 poin.
Menurut Korea Institute of Corporate Reputation, BTS, EXO, Seventeen, dan NCT bakal mempertahankan posisi masing-masing di daftar brand value para boybnad untuk dua bulan ke depan secara berturut-turut.
Sedangkan dari urutan ke-5 hingga ke-10 secara berurutan, yaitu SHINee, ASTRO, Super Junior, The Boyz, TOMORROW x TOGETHER, dan Stray Kids.
Ini kali kesekian pencapaian BTS jelang rilisnya album terbaru mereka yang direncanakan meluncur pada akhir tahun 2020.
Saat ini, idol K-Pop yang beranggotakan RM, SUGA, Jin, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook tersebut sedang menggodok rencana konser sebagai bagian promosi album mereka jika jadi dirilis pada akhir 2020.
Bahkan, jika situasi masih belum memungkinkan akibat pandemi Covid-19, BTS akan tetap menggelar konser tetapi secara virtual atau online. Hal itu disampaikan member BTS, RM, saat perayaan kesuksesan single Dynamite bertajuk Global Media Day.
"Saya tidak yakin apakah itu akan online atau offline. Mungkin online. Tapi kami akan tetap menggelar konser. BTS akan melakukan yang terbaik dengan hal-hal yang dapat kami lakukan. Kami tidak akan pernah melupakan apa yang kami lakukan saat ini, jadi kami akan menjadi BTS sebisa mungkin," ujar RM, dikutip dari Metro.co.uk.