Indonesia
Lima Aplikasi 'Penghancur' BlackBerry Messenger
Ini lima aplikasi 'penghancur' BlackBerry Messenger atau BBM yang akan berhenti beroperasi total per 31 Mei 2019.
Ilustrasi Logo Wechat, Facebook Messenger, & Telegram (Ilustrasi: Tagar/Regita Putri)

Jakarta - Kharisma layanan pengirim pesan BlackBerry Messenger atau BBM telah meredup hingga akan ditutup per  31 Mei  2019. Popularitasnya digeser aplikasi pengirim pesan pendatang baru di antaranya WhatsApp, Line, WeChat, Facebook Messenger, Telegram. 

Berikut ini lima aplikasi 'penghancur' BlackBerry Messenger. 

1. WhatsApp

WhatsAppIlustrasi WhatsApp. (Ist)

Tak sedikit pengguna telepon genggam sekarang ini sudah memakai layanan WhatsApp atau sering disebut WA. Memang sudah diakui lebih dari 1 miliar orang dari 180 negara sudah memakai layanan aplikasi ini. 

WhatsApp menawarkan kemampuan mengirim pesan dan melakukan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel, yang tersedia untuk telepon di seluruh dunia. Bahkan WhatsApp juga dapat menerima berbagai macam media seperti teks, foto, video, dokumen, dan lokasi, juga panggilan suara. 

Pesan dan panggilan sudah diamankan dengan enkripsi end-to-end. Itu artinya tidak ada pihak ketiga termasuk WhatsApp yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan pengguna layanan ini.

Aplikasi ciptaan Jan Koum dan Brian Acton ini bergabung dengan Facebook pada tahun 2014. Pada tahun itu WhatsApp resmi menjadi milik Facebook setelah melalui proses akuisisi selama 8 bulan. 

Cara menggunakan WhatsApp pun sangat mudah. Pengguna layanan ini memang sebelumnya harus melakukan registrasi dengan menggunakan nomor handphone. WhatsApp dapat dijalankan dibeberapa platform yaitu Android, BlackBerry 10, BlackBerry OS, iOS, Series 40, Windows Phone, Symbian, dan Web-Based.

2.  Line 

LINE IndonesiaIlustrasi. (Foto: line)

Line adalah aplikasi yang digunakan untuk kegiatan berkirim pesan (messenger/chatting) secara gratis di perangkat smartphone. Namun, aplikasi Line sebenarnya juga bisa disebut sebagai aplikasi jejaring sosial karena terdapat fitur timeline sebagai wadah untuk berbagi status, pesan suara, video, foto, kontak dan informasi lokasi.

Aplikasi ini juga bisa melakukan voice call maupun video call secara real time dan gratis. Line disediakan di semua perangkat smartphone dan di semua sistem operasi mobile: Android, iPhone / iOS, Nokia / Windows Phone, Blackberry dan juga PC (komputer yang bersistemkan Mac OS ataupun Windows).  

Sebelumnya Aplikasi ini dikembangkan  oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. Line pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android.  

Setelah sukses pada kedua sistem itu, pada tahun 2012, Line resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows. Sebagai bentuk kesuksesan dari aplikasi tersebut, Line membuktikannya dengan banyak pengguna yang sudah mencapai  sekitar 101 juta di 230 negara di dunia.

Line menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab.

3. WeChat

Ilustrasi Logo WechatIlustrasi logo media sosial Wechat (Ilustrasi: Tagar/Regita Putri)

WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler (ponsel) yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa sistem operasi seperti Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, dan platform Symbian.

WeChat  sudah didukung pada  jaringan Wi-Fi, 3G, dan data 4G. Aplikasi ini tersedia di App Store untuk iTunes, Google Play Store untuk Android, BlackBerry World untuk BlackBerry, dan Marketplace untuk Windows Phone.

Beberapa keunggulan WeChat ini adalah untuk komunikasi pesan teks (chat), video call (pangilan video), Voice Chat (pesan suara), emoticon, dan lain-lain. 

4. Facebook Messenger

Ilustrasi Logo Facebook MessengerIlustrasi logo media sosial Facebook Messenger (Ilustrasi: Tagar/Regita Putri)

Facebook messenger adalah situs aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk instant messaging yang mempermudah pengguna Facebook dalam berkomunikasi satu sama lain melalui pesan teks, panggilan suara dan kini terdapat panggilan video. 

Facebook messenger tersedia pada smartphone dan PC. Pada awal tahun 2017 Facebook dikabarkan menguji coba layanan mirip snapchat stories yang biasa disebut Facebook Messenger. Pertama kali diuji pada September 2016 di Polandia dan kini telah meluncur ke seluruh pengguna di seluruh dunia. Facebook memasarkan Messenger dengan cara berbeda dengan Snapchat Stories. Bila Snapchat Stories mengunggah kegiatan sehari-hari, Messenger justru ditujukan untuk berkomunikasi dengan teman dengan cara yang lebih artistik. 

5. Telegram

Ilustrasi Logo TelegramIlustrasi logo media sosial Telegram (Ilustrasi: Tagar/Regita Putri)

Aplikasi chatting yang tidak kalah menariknya dengan aplikasi lain yaitu Telegram. Telegram adalah aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna layanan mengirimkan pesan, berbagi foto, video, audio, serta bertukar file yang ter-enkripsi

Menariknya Telegram ini dapat digunakan di berbagai platform atau sistem operasi seperti Android, iOS, MacOS, Windows OS dan Linux OS (versi desktop) secara bersamaan. 

Aplikasi pengirim pesan  ini berfokus pada kecepatan dan keamanan penggunanya. Telegram adalah aplikasi perpesanan sederhana dan dapat diakses gratis oleh semua orang. Telegram diluncurkan pada 2013 oleh dua bersaudara Nikolai dan Pavel Durov asal Rusia.

Membuat akun Telegram ini pun sangat mudah dengan cara hanya menggunakan nomor ponsel. Dari nomor tersebut, kode akses akan dikirim oleh Telegram. []

Baca juga:

Berita terkait
0
De Tjolomadoe Ajak Warga Solo Berlari
Event De Tjolomadoe Run 7.4K ini sejalan dengan semangat HUT ke-74 Kemerdekaan RI yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju.