Jakarta - Lutut adalah salah satu bagian tubuh yang tidak diterpa langsung matahari, malah menghitam dibanding bagian tubuh lainnya.

Seberapa tertutup dalam berpakaian, lutut tetap lebih gelap. Kira-kira, apa yang bisa menyebabkan lutut menghitam ya? Tagar akan memberikan penjelasan seperti dirangkum dari Livengstrong.

1. Tidak Memiliki Kelenjar Minyak

Bagian tubuh bisa menghitam, jika terlalu kering bahkan mengelupas. Hal itu terjadi karena tidak memiliki kelenjar minyak dibagian tersebut. Selain itu, gesekan siku dan lutut dalam aktivitas sehari-hari dapat mengakibatkan kulit menjadi gelap. Bahkan, kulit menjadi kering.

2. Kulit Mati Tertumpuk

Meski menjadi salah satu bagian tubuh, lutut memang jarang diperhatikan dibanding bagian tubuh lainnya seperti wajah dan tangan. Sehingga kulit mati tertumpuk pada daerah tersebut.

3. Kegemukan yang Berlebih

Menjaga berat badan itu sangat perlu untuk menghindari warna gelap pada bagian tubuh, khususnya lutut. Selain itu, berat badan yang lebih juga tidak baik untuk kesehatan.

4. Hormon yang Berlebihan

Hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi pada kulit tubuh. Sehingga hormon memiliki pengaruh menyebabkan bagian tubuh tertentu seperti lutut dan siku menjadi hitam. Tapi tidak semua orang akan mengalami hal tersebut.

5. Paparan Sinar Matahari

Jika daerah yang tebal dering terkena sinar matahari maka akan memicu terjadinya warna kulit yang lebih gelap. Selain itu bagian tubuh seperti lutut terbilang mengandung pigmen kulit atau melanin yang lebih banyak dapat memicu timbulnya warna kulit yang lebih gelap atau hitam.

Meski begitu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi warna kulit gelap di daerah lutut yaitu:

1. Potong lemon, lalu gosokkan pada bagian lutut. Gunakan cara ini setiap malam sebelum tidur kemudian bilas pada keesokan harinya.

2. Belah lidah buaya, ambil gel yang terkandung didalamnya lalu oleskan pada kulit lutut. Meski biasanya digunakan untuk rambut, tapi bermanfaat juga pada kulit lutut dengan syarat, rutin menggunakannya.

3. Oleskan minyak kelapa atau zaitun secara merata pada daerah kulit yang berwarna gelap. Jangan sampai salah pake, soalnya tidak semua minyak dapat dijadikan sebagai penghilang warna gelap pada kulit, dan jangan lupa pula untuk rutin melakukannya.

4. Tidak harus membeli alat yang mahal untuk menghilangkan, cukup beli bubuk soda kue sebagai ganti scrub. Caranya, campurkan bubuk soda kue dengan air, sedikit mengental. Oleskan pada bagian kulit lutut. Scrub tersebut akan mengangkat kulit mati pada lutut.  []