UNTUK INDONESIA
Liga 1 Ditunda, Ini yang Dilakukan Kiper Persija
Penundaan Shopee Liga 1 2020 dimanfaatkan kiper Persija Jakarta Shahar Ginanjar menguatkan data tahan tubuh dengan latihan mandiri.
Penundaan Shopee Liga 1 2020 dimanfaatkan kiper Persija Jakarta Shahar Ginanjar (kiri) untuk menguatkan data tahan tubuh dengan latihan mandiri. Tampak kiper Shahar saat memperkuat Persija di sebuah pertandingan. (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Jakarta - Penundaan kompetisi Shopee Liga 1 2020 dimanfaatkan sepenuhnya kiper Persija Jakarta Shahar Ginanjar untuk menguatkan daya tahan tubuh. Shahar memilih berolahraga sendiri dan meminimalisir kontak dengan orang lain.

Shahar memilih latihan kardiovaskular atau olahraga yang meningkatkan detak jantung seperti berlari, berenang dan bersepeda. Hal ini dilakukannya untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina di saat libur latihan.

"Latihan sendiri itu penting bagi saya karena kondisi badan bisa turun karena tidak ada latihan bersama tim. Biasanya saya berlatih kardio," ujar Shahar seperti dikutip laman klub.

Tak hanya itu, Shahar mengimbangi olahraga dengan makanan sehat. Menurut dia buah dan sayur menjadi menu wajib. Ini dilakukannya untuk menjaga kondisi tubuh selama masa libur kompetisi. 

Kebiasaan disiplin dengan menjaga kesehatan juga dapat menghindarkan kiper berusia 29 ini dari kemungkinan terjangkit penyakit virus corona (COVID-19). Meski demikian menjaga kebersihan seperti mencuci tangan usai berjabat tangan juga harus dilakukan di saat merebaknya virus corona

"Makan protein yang baik serta sayur dan buah. Hindari tempat keramaian dan selalu cuci tangan setiap bersentuhan dengan orang lain," kata Shahar lagi.

Persija meliburkan para pemain selama sepekan sejak Minggu, 15 Maret  2020. Ini dilakukan demi mengantisipasi penyebaran COVID-19. Apalagi, kompetisi diputuskan ditunda oleh PSSI karena persebaran virus tersebut.

Pelatih Persija Sergio Farias menginstruksikan Riko Simanjuntak dkk untuk berlatih di tempat tinggal masing-masing. Mereka juga harus menjaga pola makan.

"Para pemain harus menjaga kesehatan dan berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh," kata Farias. 

Persija baru melakoni 2 laga di pekan-pekan pertama kompetisi. Tim berjuluk Macan Kemayoran mengawali kompetisi dengan mengalahkan Borneo FC 3-2. Selanjutnya, mereka bermain imbang 2-2 menghadapi tuan rumah Bhayangkara FC

Pertandingan kandang melawan Persebaya Surabaya ditunda karena tidak mendapat izin pertandingan di Jakarta. Ini terkait dengan ditemukannya warga yang positif corona. []

Berita terkait
Persija Jakarta Patahkan Rekor Buruk Lawan Borneo FC
Persija Jakarta menaklukkan Bornoe FC 3-2 di laga perdana Liga 1 2020. Pemain debutan Osvaldo Haay dan Evan Dimas menyumbang gol di laga itu.
Persija Jakarta, Ini Harapan Pelatih pada Pemain
Pemain Persija Jakarta harus tetap serius meski tampil di laga persahabatan dan masih kelelahan. Ini yang diharapkan pelatih Sergio Farias.
Final Piala Gubernur Jatim dan Kebangkitan Persija
Persija Jakarta menaklukkan Madura United 2-1 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020. Sukses itu jadikan Persija kian diperhitungkan di liga.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.