Libur Panjang, Polda Metro Jaya Siapkan Skenario Lalu Lintas

Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat libur panjang dan cuti bersama.
Kepadatan kendaraan di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 22 Agustus 2020. Tingginya antusias warga untuk berlibur di kawasan Puncak Bogor pada libur panjang Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah dan libur akhir pekan membuat kepadatan terjadi di sejumlah titik, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup jalur dan sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Jakarta - Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat libur panjang dan cuti bersama pada 28-30 Oktober 2020.

"Misalnya jika terjadi kemacetan luar biasa di tol layang (elevated), skenarionya tol ditutup, arus lalu lintas dialihkan melintas di bawah," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada Anatara usai Gelar Pasukan Operasi Zebra 2020 di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin 25 Oktober 2020.

Misalnya arus arah Cikampek kosong, lalu di kilometer tertentu dilaksanakan contra flow.

Selain skenario pengalihan dan penutupan ruas tol bila terkadi kepadatan volme kendaraan, Polda Metro Jaya juga menerapkan skenario melawan arus lalin (contra flow) di Cikampek.

"Kita berlakukan contra flow misalnya arus arah Cikampek kosong, lalu di kilometer tertentu dilaksanakan contra flow," ujarnya.

Bila contra flow tidak membuat padatnya arus lalu lintas terurai, Polda Metro Jaya akan memberlakukan sistem satu arah (one way). "Kita akan koordinasikan dengan Polda wilayah Jawa Barat dan Banten," katanya.

Sambodo memperkirakan arus keberangkatan libur panjang dan cuti bersama akan dimulai besok Selasa 27 Oktober 2020. Sementara arus balik diperkirakan pada Sabtu 31 Oktober dan Minggu 1 November 2020.

Sambodo menambahkan, jika pada waktu tersebut terdapat kendaraan truk sumbu tiga melintas di jalur tol, akan diarahkan keluar melewati jalur arteri.

"Tujuannya supaya kapsitas tol tidak terganggu, sehingga arus kendaraan pribadi dan penumpang yang diperkirakan meningkat besok sore hingga Rabu malam bisa lancar," katanya.

Berita terkait
Syarat Masuk Ancol dan Dufan saat Libur Panjang, Ada Diskonnya
Libur panjang sudah di depan mata. Ancol dan destinasi rekreasinya, Dufan, bisa menjadi alternatif berwisata saat libur panjang.
Perhatian! Puncak Bogor Berlakukan Contraflow saat Libur Panjang
Mengantisipasi membludaknya jalur menuju Puncak Bogor, polisi akan menerapkan contraflow saat libur panjang.
One Day Trip ke Tangerang Selatan, Bisa Wisata ke Mana Saja?
Tangerang Selatan menyimpan banyak ragam wisata yang bisa dikunjungi, termasuk untuk para traveler yang ingin one day trip.
0
KPAI Buka Suara soal Polemik Sinetron Suara Hati Istri
KPAI buka suara terkait polemik sinetron berjudul Suara Hati Istri yang dianggap bertentangan dengan upaya pemerintah mencegah pernikahan dini.