UNTUK INDONESIA
Libur Natal, Bali Kebanjiran Wisatawan Domestik
Dishub Bali mencatat terjadi lonjakan hingga 60 persen kendaraan bermotor yang masuk ke Bali melalui Pebuhan Gilimanuk.
Kepala Dishub Provinsi Bali, I Gede Wayan Samsi Gunartha. (Foto: Tagar/Nila Sofianty)

Bali - Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang bertepatan dengan awal libur sekolah dan kuliah di beberapa daerah membuat Pulau Bali kebanjiran wisawatan domestik. Sejumlah ruas jalan di pulau Dewata, khususnya yang menuju ke tempat wisata terlihat macet oleh bus, roda empat dan roda dua.

Kendaraan-kendaraan tersebut tak hanya berplat DK, tetapi banyak juga plat kendaraan dari luar daerah seperti dari Surabaya, Jakarta, dan Bandung.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bali, I Gede Wayan Samsi Gunartha mengatakan kemacetan di sejumlah ruas jalan di Bali dikarenakan wisatawan domestik yang berlibur di Bali memilih menggunakan jalur darat.

"Tadinya perkiraan hanya 6 persen kenaikan kendaraan yang masuk Bali, tetapi ternyata dari hasil pemantauan kami ternyata sekarang naik 60 persen, terutama dari ASDP Gilimanuk. Jadi pemantauan saya kemarin total roda dua dan empat itu naik sampai 60 persen," ujarnya kepada Tagar, Rabu 25 Desember 2019.

Samsi memprediksi lonjakan kendaraan yang masuk di Bali dikarenakan sudah beroperasinya tol hingga Probolinggo, Jawa Timur.

Tadinya perkiraan hanya 6 persen kenaikan kendaraan yang masuk Bali, tetapi ternyata dari hasil pemantauan kami ternyata sekarang naik 60 persen.

"Ini mungkin tol sudah sampai Probolinggo dan banyak orang yang menggunakan jalan tol. Jadi siap-siap saja Bali kebanjiran mobil dan motor," imbuhnya.

Sementara untuk kendaraan yang keluar Pulau Bali, pihaknya menyatakan masih belum signifikan.

"Belum banyak yang keluar, artinya di bawah rata-rata," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satgas Dishub Bali, Nyoman Wiratama mengatakan untuk jumlah armada bus AKAP yang masuk Terminal Mengwi dari 19-23 Desember tercatat ada 373 bus yang masuk dan 11.499 penumpang. []

Berita terkait
Goa Maria Poh Sarang Jadi Tujuan Wisata di Kediri
Goa Maria Poh Sarang selalu dipadati pengunjung saat momen libur Natal. Keindahan dan kesejukan alam menjadikan tujuan wisata.
MUI Jatim Ajak Warga Gelar Salat Gerhana Matahari
MUI Jawa Timur mengatakan jika terjadi gerhana, sudah menjadi Sunah untuk melakukan Salat gerhana matahaari.
3 Keberangkatan Kereta di Daop 8 Surabaya Terganggu
PT KAI Daop 8 Surabaya mengaku terganggunya jadwal keberangkatan kereta api dikarenakan adanya truk tangki yang melintang di rel ganda di Lamongan.
0
Aerosol Picu Asap di Gedung DPR, Ada Korban Jiwa?
Sekjen DPR, Indra Iskandar memberikan keterangan terkait sistem aerosol memicu asap pekat di Gedung DPR. Ada korban jiwa?