Legislator NasDem Tutup Ruangan Kades Balibo Bulukumba

Legislator Partai NasDem menutup paksa ruangan Kepala Desa Balibo Kecamatan Kindang Bulukumba.
Kondisi Kantor Desa Balibo, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, setelah penutupan ruangan kepala desa, Hj. Darmawati. (Foto: Tagar/Muh Afriansyah Lahia)

Bulukumba - Legislator Partai NasDem Bulukumba diduga menutup paksa ruangan Kepala Desa Balibo, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Akibatnya pelayanan sementara waktu dihentikan.

"Saya kurang tahu dan tidak mengerti soal penutupan yang dilakukan legislator Kabupaten Bulukumba dari Partai NasDem itu," kata Kepala Desa, Hj. Darmawati kepada Tagar saat ditemui di Desa Balibo, Kamis 11 November 2020.

Peristiwa penutupan ini terjadi Kamis 12 November 2020, sekitar pukul 11.00 Wita, ketika kepala desa Balibo Darmawati sedang melakukan pengurusan permasalahan sumur bor di desa yang dipimpinnya tersebut.

Saya kurang tahu dan tidak mengerti soal penutupan yang dilakukan legislator Kabupaten Bulukumba dari Partai NasDem itu.

"Saya keluar untuk melakukan pengurusan sumur bor ke rumah salah satu warga untuk bertanda tangan. Setelah itu, saya kembali ke kantor desa. Ternyata ruangan saya sudah terkunci," ucapnya.

Ruangan yang sudah terlanjur terkunci tersebut. Darmawati mengaku heran sebab kunci ruangan tidak dibawa olehnya. Ia pun sempat mempertanyakan kepada seluruh pegawai maupun staf desa Balibo.

"Saya tanya kepada pegawai kantor desa tentang kunci ruangan. Ternyata pegawai sebut jika kunci ruangan dibawa oleh Abdul Kaab legislator NasDem," jelasnya.

Darmawati menjelaskan sikap yang dilakukan oleh legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Gantarang dan Kecamatan Kindang tersebut sudah berulang kali. Baru kali ini terjadi penutupan paksa ruangan kepala desa.

"Ini sudah penutupan paksa yang dilakukan oleh Abdul Kaab. Dan beberapa waktu lalu, saudara Abdul Kaab juga pernah mendatangi kantor desa dengan nada tinggi. Saya rasa itu dia sudah marah-marah, jadi kami takut," bebernya.

Ia menjelaskan untuk sementara waktu pelayanan Pemerintah Desa Balibo, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba dipindahkan ke kolom rumahnya. Lantaran beberapa perlengkapan kantor telah diangkut.

"Semua perlengkapan kantor saya sudah angkut kesini (rumah-red). Jadi mulai besok pelayanan dipusatkan di kolom rumah saya sampai permasalahan penutupan selesai," pungkasnya.

Terpisah, legislator Partai NasDem Bulukumba, Abdul Kaab yang dikonfirmasi Tagar mengaku dirinya hanya menutup ruangan kepala desa Balibo, Hj. Darmawati. Bukan secara keseluruhan kantor desa.

"Yang ditutup itu bukan kantor Desa Balibo, tetapi ruangan kepala desa," ucap Abdul Kaab.

Terkait alasan penutupan ruangan kepala desa Balibo, Abdul Kaab menyebutkan persoalan tersebut sudah sampai di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba.

"Kita tanya Ketua DPRD Bulukumba, karena ini sudah ada di DPRD. Jadi tanya ketua secara langsung, nanti saya jawab pertanyaan sebab ada rekomendasi keluar dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bulukumba," tutupnya. []

Berita terkait
Amunisi Baru untuk TSY-AM di Pilbup Bulukumba
Pasangan nomor urut 3 Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau mendapat dukungan dari Muhammad Ramli Lantara. Ini sosok Tomy di mata Ramli Lantara
Cerita Nelayan Bulukumba yang Dilaporkan Hilang saat Melaut
Cerita mencekam nelayan asal Kabupaten Bulukumba yang sempat hilang saat melaut.
Tiga Nelayan Bulukumba Hilang Ditemukan, Begini Kondisinya
Proses pencarian tiga nelayan asal Kabupaten Bulukumba berbuah hasil. Ketiga nelayan tersebut kini ditemukan. Begini kondisi mereka.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.