UNTUK INDONESIA
Layanan Administrasi Kependudukan Tangsel di Mal
Pertama di Indonesia layanan adminduk di mal yang bisa mengurus 7 dokumen kependudukan secara mandiri yaitu dokumen KTP, KK, dll
Warga Tangsel melakukan penerbitan KTP yang langsung didampingi oleh Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangsel dan Benyamin Davnie, Wakil Wali Kota Tangsel (Foto: Tagar/Alfi Dinilhaq).

Kota Tangsel - Untuk pertama kali di Indonesia layanan administrasi kependudukan bisa ditemui di mal. Layanan ini serupa dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang juga diberi nama serupa yaitu Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM).

ADM pertama ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, tepatnya di Mall Teras Kota, Serpong, Kota Tangsel. Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, langsung meninjau tata cara penggunaan ADM pada Minggu, 23 Februari 2020.

Airin mengatakan bahwa layanan ADM ini bisa lebih mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Ini juga merupakan inovasi dari layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang bisa semakin menjangkau masyarakat.

"Dengan hadirnya ADM di dalam mall, maka masyarakat akan mendapat pelayanan lebih baik lagi. Ini menambah kedekatan jarak pelayanan kita kepada masyarakat dan menjadi alternatif pilihan, karena saya tahu 50 persen masyarakat Tangsel bekerja di Jakarta," jelas Airin.

Sementara, Dedi Budiawan Kepala Disdukcapil Kota Tangsel menjelaskan ADM ini pertama di Indonesia dan pelayanannya setiap hari kecuali hari Kamis.

"ADM menyerupai mesin pengambilan uang ATM yang diperuntukkan bagi 7 jenis pelayanan administrasi kependudukan warga Kota Tangsel diantaranya, KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, Kematian, Perkawinan dan Perceraian," kata Dedi.

Dalam proses di ADM nanti setiap warga Kota Tangsel, masyarakat pemohon pembuatan 7 dokumen adminduk bisa mendatangi Mall Teras Kota untuk melakukan verifikasi dan validasi data kependudukan.

"Setelah data terverifikasi dan tervalidasi, maka pencatatannya dilakukan melalui mesin tersebut. Pertama warga melakukan register tidak lagi ke Dukcapil, verifikasi dan validasi dilakukan di sini sendiri melalui barcode atau dengan sidik jari pemohon, kemudian pencetakan melalui mesin ini juga," tambah Dedi.

Untuk penerbitan KTP dengan ADM di Mall Teras kota akan dibatasi 100 pencetakan dan penerbitan KIA sebanyak 50 penerbitan. "Buka Sabtu sampai Rabu dari jam 10.00 sampai pukul 18.00 Wib. Sementara kuota pencetakan KTP-el 100 kartu perhari dan KIA 50 kartu per hari," ujar  Dedi. []

Berita terkait
Komisi 1 DPRD Tangsel Usulkan E-Musrenbang
DPRD Tangsel berwacana akan menerapkan E-Musrenbang dengan memanfaatkan teknologi agar aspirasi masyarakat bisa sampai ke pemerintah
0
Tiga Kecamatan di Cianjur Akan Menerapkan PSBB
Pemkab Cianjur akan lakukan PSBB parsial agar fokus penangan di wilayah yang rawan penyebaran Covid-19 sehingga tidak menyebar ke kecamatan lain