Lakukan 4 Cara Ini, Agar Rambut Tidak Berminyak dan Rontok

Pada pria, mengalami rambut berminyak dan rontok tentu menjadi masalah yang cukup serius karena bisa menggangu penampilan Anda sehari-hari.
Ilustrasi - Rambut rontok (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Pada pria, mengalami rambut berminyak dan rontok tentu menjadi masalah yang cukup serius karena bisa menggangu penampilan Anda sehari-hari. Rambut berminyak dan rontok masih bisa diatasi dengan melakukan perawatan mandiri di rumah.

Anda perlu menggunakan produk perawatan rambut khusus pria dan lakukan pola hidup sehat. Sebenarnya tidak ada perbedaan perawatan rambut pria dan wanita, hanya saja pria tidak terlalu peduli mengenai perawatan rambut, Caranya tidak sulit.


1. Keramas yang benar

Cara merawat rambut berminyak dan rontok pada pria pertama adalah lakukan keramas dengan benar. Sebaiknya, frekuensi Anda keramas 1-2 hari sekali untuk membersihkan kulit kepala Anda dari kotoran dan minyak berlebih.

Hindari keramas menggunakan air panas dan hangat karena malah akan memicu kulit kepala jadi tambah berminyak dan rambut semakin rontok. 

Jika biasanya saat keramas Anda menggaruk kulit kepala menggunakan kuku, saatnya Anda berhenti melakukan kebiasaan itu karena bisa memicu rambut bertambah rontok. Cukup gosok kulit kepala dengan lembut menggunakan ujung-ujung jari.


2. Pilih shampoo yang tepat

Cara merawat rambut berminyak dan rontok selanjutnya adalah pilih sampo yang tepat. Hindari menggunakan produk sampo yang asal-asalan, Anda harus menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. 

Gunakan sampo untuk perawatan rambut pria yang akan membersihkan dan merawat kulit kepala sehingga dua masalah ini akan langsung teratasi dalam sekali keramas.


3. Gunakan hair tonic

Selanjutnya, cara merawat rambut berminyak dan rontok pada pria yaitu gunakan produk hair tonic. Setelah selesai keramas, aplikasikan hair tonic ke rambut Anda sehingga bisa menutrisi kulit kepala dan merawat kekuatan rambut.


4. Pola makan yang sehat

Cara merawat rambut berminyak dan rontok pada pria lainnya adalah lakukan pola makan sehat. Pola makan sehat berfungsi untuk membantu menstabilkan hormon sehingga terhindar dari masalah kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang tinggi protein (ikan, daging sapi, telur, daging unggas, dan kacang-kacangan), zat besi (hati, daging sapi, daging ayam, bayam, brokoli), Vitamin C (jambu biji, papaya, jeruk, brokoli, kembang kol), dan omega-3 (ikan berlemak, alpukat, walnut, dan biji-bijian). Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup setiap harinya sebanyak dua liter.

(Putra Rizqi Setiawan)


Berita terkait
Cek Guys! Ini Prediksi Tren Warna Rambut di Tahun 2022
Warna brunette diprediksi booming di tahun 2022. Alasannya sederhana, warna brunette ini tidak pernah lekang oleh waktu.
5 Bahan Alami untuk Merawat Rambut Tetap Sehat
Ini beberapa rekomendasi cara menumbuhkan rambut dengan cepat dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman tuk kamu coba terapkan.
Cara Mengatasi Rambut yang Kering dan Susah Diatur
Rambut yang kering menandakan bahwa rambutmu mengalami kerusakan.
0
Lakukan 4 Cara Ini, Agar Rambut Tidak Berminyak dan Rontok
Pada pria, mengalami rambut berminyak dan rontok tentu menjadi masalah yang cukup serius karena bisa menggangu penampilan Anda sehari-hari.