Lagi Musim Hujan, Ini 5 Tips Menerjang Banjir dengan Mobil

Setiap musim hujan, pasti ada beberapa wilayah yang tergenang banjir. Berikut tips menerjang banjir dengan mobil yang bisa anda lakukan.
Ilustrasi - mobil menerjang banjir. (Foto: Tagar/Unplash/Wade austin)

Jakarta – Banjir merupakan bencana yang selalu ada di Indonesia. Setiap musim hujan, pasti ada beberapa wilayah yang tergenang banjir, yang mengakibatkan para pengendara motor maupun kesulitan untuk melintas.

Mereka pasti akan diberikan dua pilihan, yakni antara lanjut dengan mengambil risiko atau mengambil jalan lain yang lebih jauh. Namun, sebenarnya ada beberapa tips bila anda tidak ada pilihan selain menerjang banjir tersebut. Berikut ini tips menerjang banjir menggunakan mobil.


1. Ikuti arus gelombang air

Ketika anda menerjang banjir, bagian ban mobil depan anda akan menciptakan sebuah gelombang yang nantinya gelombang air ini akan bergerak maju serta memberikan celah yang kecil. Maka dari itu, anda hanya perlu mengikuti arus gelombang tersebut serta jagalah momentum agar gelombang dan mobil memiliki kecepatan yang sama.


2. Jangan injak setengah kopling

Hal yang tepat saat menerjang banjir adalah dengan melepas injakan kopling. Hal ini dilakukan agar kecepatan mobil berada dalam posisi yang mudah dikendalikan dan konstan. Selain itu, jangan terlalu sering menginjak setengah kopling karna dapat mengakibatkan kopling terbakar.


3. Prediksi genangan air

Tentunya jika semakin tinggi genangan air, maka potensi kerusakan mobil akan semakin tinggi juga. Anda hanya perlu sabar jika ingin menerjang banjir. 

Pastikan genangan air berada dalam batas toleransi pada mobil anda. Selain itu, pilihlah jalan yang tidak ada polisi tidur atau jalan yang mulus, karena kecepatan mobil anda memiliki peran yang penting.


4. Menjaga putaran rendah pada mesin

Jalankanlah mobil anda dengan putaran yang rendah, yakni sekitar 1.500 – 2.000 RPM, jagalah agar tetap konstan sehingga mobil dapat lebih mudah untuk dikendalikan. Hal ini tentunya juga berguna untuk membuat air tidak dengan sengaja menyentuh mesin, sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada mobil anda.


5. Gunakan gigi rendah

Saat menerjang banjir, air yang mengenai body akan menjadi beban untuk mobil anda. Yang artinya anda membutuhkan tenaga lebih. Mada dari itu, gunakanlah gigi yang lebih rendah, hal ini bertujuan agar kendaraan lebih bertenaga untuk melawan genangan air yang mengenai body tersebut.

(Ranutyas Djati Kusuma)


Berita terkait
Cara Cek Perhitungan Tarif PPnB Mobil
Oleh karena itu, barang yang diekspor atau dikonsumsi di luar negeri tidak dikenai tarif PPnBM atau setara dengan tarif 0%.
Ragam Jenis APAR Mobil dan Cara Menggunakanya
Jenis-jenis APAR mobil yang biasa digunakan bervariasi, sesuai dengan material yang digunakan.
Cara Menghitung Pajak Progresif Mobil
Untuk lebih lengkapnya mengenai dua unsur kendaraan yang mempengaruhi cara menghitung pajak progresif mobil, di antaranya.
0
Lagi Musim Hujan, Ini 5 Tips Menerjang Banjir dengan Mobil
Setiap musim hujan, pasti ada beberapa wilayah yang tergenang banjir. Berikut tips menerjang banjir dengan mobil yang bisa anda lakukan.