Lagi, Layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram Down

Layanan pesan singkat WhatsApp serta platform media sosial Instagram dan Facebook kembali mengalami gangguan atau down.
Ilustrasi layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram. (Foto: Tagar Kolase)

Jakarta - Layanan pesan singkat WhatsApp serta platform media sosial Instagram dan Facebook kembali mengalami gangguan atau down pada Sabtu dini hari 20 Maret 2021. Tidak hanya bagi para pengguna di Indonesia, gangguan ini juga dialami di sejumlah negara lain.

Laman Adroid Police melaporkan, gangguan yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna adalah kesulitan mereka mengirim pesan melalui WhatsApp dan Facebook Messenger. Gangguan lain terjadi juga di laman Instagram yang sulit diakses, namun laman Facebook masih dapat digunakan.

Laporan juga menyebutkan, keluhan mengenai gangguan pada WhatsApp, Instagram dan Facebook yang down dialami berbeda-beda pada tiap masing-masing pengguna. Beberapa orang masih bisa mengakses dan mengirim pesan melalui Facebook Messenger, namun mayoritas mengeluhkan hal yang sebaliknya.

Pada platform Instagram, beberapa pengguna menemukan notifikasi berupa tulisan "kesalahan server 5xx", sementara layanan WhatsApp hanya menunjukkan ikon jam di sebelah pesan yang tidak kunjung terkirim.

Pantauan Tagar, pengguna Instagram di Indonesia masih dapat mengakses akun milik mereka, namun kesulitan mengunggah postingan baru atau memantau postingan milik orang lain, naik di fitur "feed" maupun "story".

Hingga pukul 01.05 WIB, para pengguna WhatsApp di Indonesia, sama sekali tidak bisa mengirimkan atau menerima pesan. Bahkan pengguna sama sekali tidak bisa mengakses layanan WhatsApp Web.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari perusahaan layanan media sosial Facebook.inc.

Namun keluhan mengenai gangguan ini sukses membikin kata kunci WhatsApp dan InstagramDown, masuk ke jajaran trending topic di Twitter. []




Berita terkait
Foto Mejeng di Instagram Manchester United, Via Vallen Merespons
Via Vallen menarik perhatian publik setelah fotonya muncul di salah satu postingan akun Instagram resmi Manchester United.
Facebook Batalkan Kabel Bawah Laut California - Hong Kong
Facebook batalkan rencana untuk menghubungkan California (AS), Taiwan, dan Hong Kong melalui jaringan kabel bawah laut sepanjang 12.000 kilometer
Cara Memindahkan History Chat dari WhatsApp ke Telegram
Telegram merilis fitur pemindahan data riwayat pesan dari aplikasi pesang singkat lain seperti WhatsApp, Line, dan KakaoTalk.
0
Firli Bahuri Minta Pegawai KPK Komitmen Perangi Korupsi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meninta semua pegawai yang baru dilantik untuk memerangi tindakan korupsi di negeri ini.