Makeup Paling Cocok saat Musim Hujan Anti Luntur

Kewaspadaan perempuan meningkat terhadap riasan makeup agar tidak mudah luntur di musim hujan yang mulai tiba.
Ilustrasi hujan. (Foto: goodfon)

Jakarta - Musim hujan tiba di awal bulan Oktober 2020. Namun aktivitas memaksa penampilan harus tetap terlihat cantik menawan. Kewaspadaan perempuan akhirnya meningkat terhadap riasan makeup agar tidak mudah luntur di musim penghujan?

Perempuan memang memerlukan persiapan yang cukup ekstra ketika musim hujan datang, seperti menyediakan payung, sendal jepit atau bot, jas hujan, jaket, dan juga alat rias untuk wajah agar tetap sedap dipandang.

Dari semua persiapan kadang tak dapat dihindari adalah makeup luntur, padahal baru terkena percikan hujan. Ada sejumlah tips agar make up tahan air atau biasa disebut waterproof.

Berikut tips makeup paling cocok saat musim hujan anti-luntur:

1. Gunakan Primer

Penggunaan Primer dapat menutup pori-pori wajah agar terlihat lebih halus. Gunakan dari wajah hingga area leher. Selain itu, fungsi dari primer itu sendiri dapat membantu ketahanan make up lebih lama meskipun musim hujan.

MakeupIlustrasi makeup. (Foto: Pixabay)

2. Pilih Base Makeup yang ringan

Pemilihan base makeup yang ringan sehingga tidak akan luntur meski harus beraktivitas atau terkena air hujan.

Pakailah foundation berjenis krim dan cair. Karena teksturnya yang ringan terhadap percikan air dan akan melekat pada kulit. Tingkat coverage juga bisa menutupi bintik hitam bahkan noda bekas jerawat.

Pemakaiannya juga jangan terlalu tebal, karena akan terlihat tidak natural dan harus memakainya tipis-tipis.

FoundationIlustrasi foundation. (Foto: Instagram/lipstikmatte.idn)

Baca juga:

3. Blush On

Blush on dipakai guna memberikan efek segar pada wajah dengan pipi merah merona. Memakai blush on di area pipi akan membatu mengembalikan kulit kusam dan pucat agar lebih terlihat sehat.

Pilihlah jenis blus on yang cream (cream blush). Jenis blush ini akan terlihat berkilau alami dan tahan lama dengan hasil yang natural. Finish look dari blush on ini akan terlihat lebih dewy.

Blush onIlustrasi blush on. (Foto: Pixabay/sjajolika)

4. Eye shadow dan Eyeliner

Penggunaan eye shadow dan eye liner akan membuat keindahan mata seseorang dan mempercantik makeup.

Eye shadow akan memberikan warna pada kelopak mata yang membuat terlihat lebih indah. Gunakan eye shadow berjenis cream karena sudah pasti menempel lebih lama pada kelopak mata. Pilihlah warna-warna yang natural.

Eyeliner akan memberikan kesan tampilan mata yang lebih besar. Pemilihan eyeliner harus sangat hati-hati apalagi pada saat musim hujan. Pilihlah eyeliner yang berbahan dasar air karena akan mudah menahan air, keringat dan bisa lebih tahan lama.

eye shadow eyelinerIlustrasi eye shadow eyeliner. (Instagram/hey_itsbeautiful)

5. Maskara

Maskara waterproof tidak akan luntur meski terkena air, menangis, atau berkeringat. pengaplikasian maskara sangat penting untuk menjaga penampilan raiasan bulu mata agar terlihat lentik dan bervolume.

Namun, maskara waterproof agak sulit ketika dibersihkan. Pasalnya formula maskara jenis ini tahan terhadap air dan minyak. Namun untuk mengakalinya mudah, gunakanlah balm cleanser atau cleanser oil saat membersihkannya.

Maskara.Ilustrasi maskara. (Foto: Pixabay/Bru-no)

6. Lipstik

Pengaplikasian lipstik merupakan hal paling utama dan wajib bagi perempuan. Lipstik akan memberikan kesan yang segar dan tidak pucat.

Lipstik waterproof bisa lebih tahan lama. Lipstik berjenis ini akan membuat tetap tahan lama walaupun makan, minum atau terkena percikan air hujan. Gunakan lipstik yang kaya akan vitamin E agar bibir terhidrasi dan menutrisi bibir sehingga bibir akan terlihat sehat.

Lipstik matte akan membuat tahan lama, tidak perlu retouch berkali-kali apalgi terkena air hujan. Karena lipstik matte ini terbukti awet dan tahan lama.

Pilih juga shade warna yang cocok untuk kamu. Jangan lupa di akhir gunakanlah setting sprei agar makeup dapat tahan lama.  (Niswatul Mahmudah) 

Lipstik matteIlustrasi lipstik matte. (Foto: Instagram/lipstikmatte.idn)

Berita terkait
6 Tutorial Makeup Sederhana ala Mahasiswi saat Kuliah Online
Mahasiswi tetap memulas wajah memakai makeup agar tidak terlihat kusam saat kuliah online.
Menulis dengan Tangan Tingkatkan Daya Ingat Cegah Pikun
Rajin menulis menggunakan tangan meningkatkan daya ingat sehingga terhindar dari penyakit pikun.
Musim Hujan Tiba, Ragam Cara Bentengi Diri dari Virus Corona
Perubahan suhu cepat akibat hujan dapat membuat imunitas terganggu sementara di satu sisi Anda harus membentengi diri saat pandemi corona.
0
Permintaan Risma Kepada ASN Kemensos di Hari Lahir Pancasila
Mensos minta semua teman-teman di lingkungan Kemensos menegakkan integritas. Bayangkan bila kita salah mengetik angka bisa merugikan negara.