Kura-Kura Byuku Terperangkap Kail Pemancing di Langkat

Satu ekor satwa liar yang dilindungi yakni kura-kura air tawar tanpa sengaja tersangkut kail pemancing di alur Sungai Karang Gading Langkat Sumut.
Satwa liar kura-kura air tawar jenis Byuku dititipkan di kandang satwa Kantor SKW II Stabat, Sumut. (Foto: Tagar/BBKSDA Sumut).

Medan - Satu ekor satwa liar yang dilindungi yakni kura-kura air tawar tanpa sengaja tersangkut kail pemancing di alur Sungai Karang Gading, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Handoko menyebutkan, satwa liar yang ditemukan itu adalah kura-kura air tawar jenis Byuku (Ortilia borneoensis), yang dilindungi oleh Undang-Undang berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tahun 2018.

Byuku ini kemudian diberi microchip oleh mitra Yayasan Satu Cita Lestari (YSLI), dan untuk sementara dititipkan di kandang satwa Kantor SKW II Stabat sebelum di lepas kembali.

"Byuku tersebut telah dirawat kurang lebih dua minggu, dan diperoleh dari masyarakat yang memancing ikan di alur Sungai Karang Gading namun secara tidak sengaja tersangkut kail," tutur Handoko, Rabu, 3 Februari 2021.

Kemudian, sambung Handoko, pada Senin, 1 Februari 2021, Balai Besar KSDA Sumut melalui SKW II Stabat bersama dengan mitra SUMECO melakukan pengamanan satwa liar tersebut dari masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Menurutnya, kura-kura air tawar jenis Byuku ini baru teridentifikasi berada di SM Karang Gading dan Langkat Timur Laut.

"Sebelumnya kura-kura air tawar yang sudah terkonfirmasi secara ilmiah keberadaannya di SM KGLTL adalah Tuntong Laut (Batagur Borneoensis). Tentu ini merupakan penemuan baru dan perlu adanya identifikasi lanjutan," katanya.

Untuk sementara waktu, lanjutnya, Byuku tersebut dititipkan di kandang satwa Kantor SKW II Stabat, Sumut, sebelum dilepaskan kembali.

"Byuku ini kemudian diberi microchip oleh mitra Yayasan Satu Cita Lestari (YSLI), dan untuk sementara dititipkan di kandang satwa Kantor SKW II Stabat sebelum di lepas kembali," terangnya. []

Berita terkait
Penemuan Kura-kura Segede Mobil Sedan di Venezuela
Dilaporkan NYDaily News pekan lalu yang mengungkapkan penemuan seekor kura-kura seukuran mobil sedan di daerah gurun di Venezuela.
Dipikir Kura-kura, Warga Siantar Temukan Granat
Warga Kota Pematangsiantar menemukan granat jenis nanas diduga sudah tidak aktif di selokan depan rumahnya
Terancam Punah, Kura-Kura Ini Masih Diperdagangkan Di Indonesia
Sebuah organisasi lingkungan, TRAFFIC melaporkan ribuan kura-kura darat dan air tawar yang terancam punah diperdagangkan di Jakarta.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.