Yogyakarta - Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada tahun ajaran 2019/2020 ini akan menerima 3.090 mahasiswa melalui jalur pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Jumlah penerimaan untuk jalur SBMPTN ini meningkat dibanding tahun lalu, yakni 2.973 mahasiswa. Pendaftaran SBMPTN 2019 dibuka sejak 10 sampai 25 Juni 2019. Pengumuman hasil pada 9 Juli 2019.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Yogyakarta Iva Ariani mengatakan, sebanyak 3.090 calon mahasiswa jalur SBMPTN tahun ini merupakan 45 persen dari total daya tampung dari 68 program studi sarjana (S1).

Menurut dia, UGM menerima calon mahasiswa melalui tiga jalur penerimaan. Tiga jalur tersebut yakni SBMPTN, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Jalur Mandiri.

Baca juga: Penerimaan Siswa Baru Sistem Zonasi di DIY Diperluas

Untuk yang jalur SBMPTN, UGM akan menerima 3.090 calon mahasiswa," kata Iva di Yogyakarta, Kamis 13 Juni 2019.

Untuk jalur SNMPTN, UGM menerima 1.728 mahasiswa. Rinciannya 1.216 untuk Saint dan teknologi (Saintek) atau yang dulu disebut IPA dan 512 untuk Sosial Humaniora (Soshum) yang dulu bernama IPS.

Iva menjelaskan, persyaratan mengikuti SBMPTN antara lain memiliki nilai ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) yang masih berlaku. Syarat lainnya yakni memiliki ijasah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah maksimal tiga tahun terakhir.

Dia menegaskan, calon mahasiswa yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar di jalur SBMPTN. Jalur penerimaan SNMPTN sudah berlangsung.

Kelompok prodi pada SBMPTN 2019 ini dibagi dalam dua kelompok; Saint dan (Soshum). Setiap pendaftar bisa memilih dua PTN serta memilih paling banyak dua prodi di satu atau dua PTN.

Baca juga: Polemik Penerimaan Murid Baru Disorot Gubernur DIY

"Boleh memilih PTN mana pun. Namun, urutan dalam pemilihan prodi menjadi prioritas pilihan," jelasnya.

Untuk pendaftaran SBMPTN melalui laman pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id. ikuti tahapannya mulai mengisi biodata, memilih PTN dan prodi, upload portofolio untuk pendaftar atau pemilih prodi seni dan budaya serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk mengetahui macam prodi dan daya tampungnya, calon pendaftar bisa mengakses laman resmi penerimaan mahasiswa baru UGM di um.ugm.ac.id.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM Djagal Wiseso Marseno, M.Agr mengatakan, untuk jalur SNMPTN jumlah peserta 31.198 orang. Sedangkan yang diterima hanya 1.728 orang. "Artinya hanya 5,51 persen pendaftar yang diterima melalui jalur SNMPTN," katanya.

Informasi lain, untuk jalur mandiri, UGM menggelar seleksi jalur penelusuran bibit unggul (PBU), hasilnya diumumkan 28 Juni 2019. Untuk ujian tulis UGM pendaftaran dibuka 11 sampai 1 Juli 2019. []

Baca juga: Siswa Joget, Kepala Sekolah Mengundurkan Diri