UNTUK INDONESIA

Kota-kota di Eropa Untuk yang Sedang Jatuh Cinta

Di Eropa ada beberapa kota yang dianggap jadi kota tujuan bagi orang-orang yang sedang di mabuk asmara alias jatuh cinta, ada apa di kota-kota itu
Sebuah gembok di Frankfurt (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Di Eropa ada beberapa kota yang dianggap jadi kota tujuan bagi orang-orang yang sedang dimabuk asmara alias jatuh cinta. Kota-kota ini memang cantik. Tapi apa hanya itu alasannya? Ille Simon menuliskannya untuk dw.com/id.

cinta1Semalam di Venesia (Foto: dw.com/id)

Semalam di Venesia. Kota laguna di Italia ini jadi lokasi tempat berbagai kisah cinta ditulis dan diceritakan. Misalnya opera karya Johann Strauss, di mana dinyanyikan kalimat: "Ayo naiklah ke gondolaku, sayang, ayo naiklah". Mereka yang berciuman saat lewat di bawah jembatan Ponte dei Sospiri (jembatan desahan) di petang hari, akan saling menyayangi selamanya, demikian kata legenda.

cinta2Melempar koin di Roma (Foto: dw.com/id)

Melempar koin di Roma. Katanya, mereka yang melemparkan tiga koin berturut-turut ke kolam Trevi, kolam paling populer di kota Roma, akan menikahi kekasihnya. Kolam ini sudah muncul di berbagai film dan lagu, antara lain yang berjudul "Three Coins in the Fountain" (tiga koin di dalam kolam) dari tahun 1954.

cinta3Sebuah gembok di Frankfurt (Foto: dw.com/id)

Sebuah gembok di Frankfurt. Sambil menatap skyline kota perbankan Frankfurt, nyatakan sumpah saling menyayangi selamanya, dengan menempatkan gembok pada jeruji besi jembatan. Banyak pasangan datang ke sini dan tempatkan gembok yang berukir nama mereka, kemudian melempar kuncinya ke dalam sungai Main. Jembatan seperti ini juga ada di Paris dan Köln. Di Paris, karena banyaknya gembok yang ditempatkan, jembatan terancam ambruk.

cinta4Berjalan-jalan di tepi sungai Seine (Foto: dw.com/id)

Berjalan-jalan di tepi sungai Seine. 37 jembatan ada di sungai Seine. Paris yang terkenal sebagai kota cinta juga jadi tempat penuh kerinduan bagi pengarang Jerman Kurt Tucholsky. Ia pernah menulis: "Aku berdiri di atas jembatan dan kembali berada di tengah Paris, di kampung halaman kita semua. Air mengalir di sana, dan di situ kamu berada, dan aku melempar hatiku ke sungai dan tenggelamkan diri dan mencintai kamu".

cinta5Mandi air hangat di Reykjavik (Foto: dw.com/id)

Mandi air hangat di Reykjavik. Bláa Lónið (laguna biru) di ibukota Islandia menawarkan air hangat. Dari kedalaman 1.600 meter, tersembur air termal sepanas 240°C. Di tempat pemandian yang luas, air sudah bersuhu lebih rendah dan memberikan kenyamanan. Selain nyamannya air yang mengandung mineral dan uap air dan keadaan alam yang menawan menjadikan kawasan ini pengalaman tak terlupakan.

cinta6Tidak tergesa-gesa di Lissabon (Foto: dw.com/id)

Tidak tergesa-gesa di Lissabon. Menikmati tur penuh nostalgia di ibukota Portugal. Seperti lebih dari 100 tahun lalu, tiga jalur kereta, misalnya Ascensor da Bica, menghubungkan kawasan Baixa, bagian kota di dataran rendah dan Chiada serta Bairro Alto, yang terletak di dataran tinggi.

cinta7Uji keberanian di Alpen (Foto: dw.com/id)

Uji keberanian di Alpen. Berjalan bersama hingga ujung balkon berlantai kaca yang menjorok ke jurang sedalam 2.000 meter, dan menikmati keindahan panorama. Platform yang bernama AlpspiX menjamin tambah cepatnya detak jantung mereka yang datang. "Petualangan" dimulai di atas stasiun kereta Alpspitzbahn, yang meluncur mulai dari lembah di Garmisch-Partenkirchen.

cinta8Berjalan di atas lava di Fuerteventura (Foto: dw.com/id)

Berjalan di atas lava di Fuerteventura. Di pantai-pantai berpasir hitam ini, pasangan kekasih bisa berjalan sendirian. Pulau Kanaria yang termasuk wilayah Spanyol dulunya berupa gunung berapi. Awalnya, Fuerteventura muncul dari lautan dekat Afrika, sekitar 20 juta tahun lalu. Letusan gunung berapi sudah lama tidak terjadi, tetapi di dalam tanah, lava masih aktif.

cinta9Berpacu di Wina dengan "horse power" (Foto: dw.com/id)

Berpacu di Wina dengan "horse power". Porsi ekstra romantika bisa dinikmati pasangan yang berkunjung ke ibukota Austria, Wina. Dengan kereta yang ditarik dua kuda orang bisa mengunjungi istana Schönbrunn, atau naik kincir raksasa. Di malam harinya, orang diantar pergi ke restoran.

cinta10Berdansa Tango di Helsinki (Foto: dw.com/id)

Berdansa Tango di Helsinki. Seninya berpasangan juga bisa dilihat di lantai dansa. Tango ala Finlandia menawarkan lebih memikat dibanding Tango asli dari Argentina. Langkahnya lebih nyaman dan lebih mudah untuk dipelajari. Sejarah negara Tango kedua terbesar di dunia itu bisa ditelusuri hingga 100 tahun lalu. (Ed.: ml/hp)/dw.com/id. []

Berita terkait
Kota-kota yang Memanjakan Pengguna Sepeda di Uni Eropa
Beberapa kota di Eropa membangun jalur agar ramah bagi sepeda sehingga memanjakan pesepeda yang juga ramah lingkungan
Orient Express, Kereta Api Mewah Lewati Kota-kota Uni Eropa
Sambil menunggu pandemi berlalu, tidak ada salahnya membayangkan berkeliling Eropa dengan kereta mewah bergaya klasik Orient Express
Sejarah Sembilan Tempat Pemandian di Uni Eropa
Inilah sembilan tempat pemandian bersejarah di Benua Eropa, yang sedang dipertimbangkan jadi Warisan Budaya Dunia versi UNESCO
0
Kota-kota di Eropa Untuk yang Sedang Jatuh Cinta
Di Eropa ada beberapa kota yang dianggap jadi kota tujuan bagi orang-orang yang sedang di mabuk asmara alias jatuh cinta, ada apa di kota-kota itu