UNTUK INDONESIA
Kopiah Plastik Antik Hadir di Jakarta Fair 2019
Beragam produk lokal UMKM berbagai daerah di Tanah Air dapat kita temukan dalam Jakarta Fair 2019. Salah satunya kopiah plastik.
Kopiah anyaman plastik di Jakarta Fair Kemayoran 2019, Minggu 26 Mei 2019. (Foto: Antara/Nanien Yuniar)

Jakarta - Beragam produk lokal unik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbagai daerah di Tanah Air dapat kita temukan dalam Jakarta Fair 2019. Di sini kita bisa menemukan kopiah unik terbuat dari plastik dengan kualitas terbaik.

Jakarta Fair 2019 berlangsung di Jakarta International Expo (JiExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, dari 22 Mei hingga 30 Juni 2019.

Kopiah yang lazim terbuat dari kain beludru berwarna hitam atau kain putih dengan hiasan bordiran justru terbuat dari anyaman plastik. Produk ini dapat dijumpai di Paviliun Provinsi Jawa Timur.

Kopiah antik (anyaman plastik) itu menjadi salah satu barang pameran UKM dari berbagai provinsi Tanah Air yang berpartisipasi dalam ajang tahunan ini.

Produk lain seperti camilan serabut teripang yang renyah serta lorjuk crispy - kerang bambu yang jadi salah satu menu hidangan dalam film Aruna dan Lidahnya, juga bisa didapatkan di sini.

Paviliun itu juga menjual aneka sambal asal Gresik untuk para pencinta kuliner pedas, di antaranya sambal bandeng asap, tongkol asap, ikan klotok, ikan teri, sambal bawang, dan sambal pecel.

SambalAneka sambal di Jakarta Fair Kemayoran 2019, Minggu 26 Mei 2019. (Foto: Antara/Nanien Yuniar)

"Orang-orang paling suka bandeng asap, mungkin karena masih jarang yang membuat," ujar Ida Rochani, pembuat sambal EL61, dikutip Antara, Minggu 26 Mei 2019.

Ida juga membuat parsel kecil berisi beberapa varian sambal sebagai alternatif untuk hadiah Idul Fitri.

Selain pavilion Jawa Timur, sejumlah daerah juga memamerkan kerajinan khas daerah mereka dalam Jakarta Fair 2019.

Terdapat kopi-kopi dari Aceh, pempek dari Palembang, kerajinan tangan dari kerang asal Cilacap hingga minuman herbal dari Yogyakarta.

Pameran tahunan yang sudah berlangsung sejak 1968 itu juga memamerkan multiproduk seperti produk otomotif, teknologi, alat olahraga, fashion, perabot, kerajinan tangan, hingga kosmetik. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Bagasi Motor Pelaku Bom Medan Berisi Peluru Kaliber
Brimob Polda Sumatera Utara mengamankan sepeda motor pelaku bom bunuh diri di Medan, ditemukan selongsong peluru kaliber 22.