UNTUK INDONESIA
Konser BTS Sumbang Devisa Korsel Rp 12 Triliun
Boyband BTS disebut menyumbang devisa negara Korea Selatan (korsel) senilai Rp 12 triliun lewat konser tunggal pada Oktober 2019 lalu.
Grup Boyband yang dijuluki adik dari BTS, Tomorrow X Together atau TXT. (Foto: Big Hit Entertainment)

Jakarta - Kelompok boyband BTS disebut-sebut menyumbang perekonomian negara Korea Selatan (Korsel) hingga mencapai 922,9 miliar Won atau setara Rp 12 triliun lewat konser tunggal yang digelar selama tiga hari pada 26-27-29 Oktober 2019 lalu.

Melansir laman AllKpop, Pyun Joo Hyun yang merupakan seorang profesor di Korea Selatan melakukan penelitian terhadap BTS. Hasilnya, studi ilmiah tersebut mengungkap fakta bahwa sumbangan ekonomi yang diberikan melalui 3 hari penutupan konser LoveYourself terbilang besar.

Gelaran konser penutup kelompok idol besutan Big Hit Entertainment tersebut yang berlangsung di Stadion Seoul Olympic itu juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi pendapatan devisa negeri gingseng itu.

Pyun Joo Hyun mengatakan, pemerintah Korea Selatan mendapat setidaknya 330,7 miliar Won lewat pajak penjualan tiket konser, streaming 'V Live' berbayar, hingga biaya akomodasi yang dikeluarkan oleh para penonton.

Angka tersebut juga termasuk biaya akomodasi dari penonton luar negeri yang datang demi menyaksikan konser. Ditambah, penggemar boyband K-Pop BTS dari luar negeri tentu menghabiskan banyak uang untuk berbelanja selama berada di Korea Selatan, sebelum dan usai menikmati konser tersebut.

BTSPersonel BTS pamerkan ekspresi bahagia usai heltan Tur dunia konser Love Yourself rampung. (Foto: BTS)

Diberitakan sebelumnya, BTS sendiri dilaporkan meraup keuntungan besar hingga mencapai US$ 174,6 juta atau senilai Rp 2,4 triliun lebih dari gelaran konser dunia bertajuk Love Yourself.

Angka tersebut merupakan hasil tur kelompok vokal itu menyapa para ARMY pada 20 pertunjukan di sejumlah negara di Eropa, Amerika Utara, Brasil, dan Asia dalam kurun waktu 6 bulan terakhir dan belum termasuk pendapatan konser penutup selama tiga hari di Stadion Seoul Olympic.

Pendapatan tersebut juga belum termasuk hasil penjualan album dan merchandise yang turut dijual selama gelaran tur dunia.

Dari pencapaian tersebut, kelompok beranggotakan 7 personel itu kabarnya telah melampaui kesuksesan boyband-boyband besar lain di industri K-pop.

Baca juga: Endah N Resha Soroti Peleburan Bekraf ke Kemenpar

Termasuk grup dari tiga manajemen besar yang kerap dijuluki The Big Three, yakni SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. []

Berita terkait
Musik BTS Paling Banyak Diputar di Spotify Indonesia
Kelompok boyband BTS berhasil menjadi artis musik yang lagunya paling banyak diputar di Spotify Indonesia.
BTS Gandeng Lauv Rilis Make It Right Versi Akustik
Kelompok boyband BTS merilis kembali menggandeng Lauv untuk merilis versi terbaru lagu Make It Right yang dikemas dengan balutan musik akustik.
Susul Blackpink, Didi Kempot Jadi Duta Shopee
Penyanyi asal Indonesia, Didi Kempot, menyusul girlband Blackpink didaulat menjadi duta Shopee.
0
Korupsi Jiwasraya, Kejagung Sita Tanah di Jaksel
Tim jaksa penyidik Kejagung menyegel enam bidang tanah dan bangunan di Jakarta Selatan terkait kasus dugaan korupsi Jiwasraya.