Komitmen AS Bagi Partisipasi Internasional Taiwan

Amerika Serikat (AS) tetap berkomitmen pada perluasan ruang partisipasi Taiwan di kancah internasional
Ilustrasi: Bendera Taiwan dan Amerika Serikat (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta – Amerika Serikat (AS) tetap berkomitmen pada perluasan ruang partisipasi Taiwan di kancah internasional, hal ini dikatakan oleh seorang diplomat AS dalam suatu acara dengan menteri luar negeri Taiwan yang juga dihadiri oleh deputi duta besar AS untuk PBB.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai teritorinya, menghambat pulau itu untuk ambil bagian di banyak badan dunia seperti PBB, dengan menyatakan Taiwan sebagai sebuah provinsi China yang tidak punya hak untuk dianggap sebagai sebuah negara.

Berbicara pada panel virtual mengenai "Tujuan-Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB", Rabu, 29 September 2021, deputi direktur American Institute in Taiwan (AIT), kedutaan besar de facto AS, Jeremy Comforth mengatakan Taiwan berkomitmen menggunakan kecakapan teknologinya “untuk kebaikan bersama.”

Comforth menyatakan Taiwan dicegah ikut serta secara berarti dalam berbagai lembaga seperti Majelis Kesehatan Dunia, tetapi ia mengatakan acara itu akan menyoroti bahwa Taiwan menggunakan kecakapan teknologinya untuk membantu masyarakat internasional mengatasi berbagai tantangan bersama.

“AS tetap berkomitmen untuk meluaskan ruang internasional Taiwan,” lanjutnya, dalam komentar yang dilansir AIT hari Kamis, 30 September 2021.

AIT menyatakan Deputi Duta Besar AS untuk PBB, Jeffrey Prescott, memberi pernyataan penutup, namun tidak memberikan rinciannya.

Washington tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan tetapi menjadi pendukung internasional terkuatnya dan secara rutin mengecam tekanan China terhadap pulau tersebut.

Menlu Tawian Joseph WuMenlu Tawian, Joseph Wu (Foto: voaindonesia.com/VOA)

Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, mengatakan pada acara yang sama bahwa Taiwan merupakan anggota masyarakat internasional yang “sangat diperlukan.”

“Sekaranglah saatnya bagi PBB untuk mengambil tindakan untuk mengatasi disingkirkannya Taiwan secara tidak pantas dari sistem PBB,” kata kementeriannya mengutip perkataan Wu.

Tahun ini menandai peringatan 50 tahun Republik China, nama resmi Taiwan, digantikan di PBB oleh Republik Rakyat China di Beijing, yang terus mengklaim hak untuk mewakili Taiwan secara global.

Pemerintah Taiwan yang terpilih secara demokratis menyatakan hanya rakyatnyalah yang berhak untuk berbicara mewakilinya di panggung dunia (uh/lt)/Reuters/voaindonesia.com. []

China Keberatan Ada Pembicaraan Dagang Amerika dan Taiwan

Dubes Taiwan untuk Amerika Diundang ke Pelantikan Biden

Amerika Harus Bayar Mahal Jika Dubes AS untuk PBB ke Taiwan

China Akan Tindak Pejabat Amerika Serikat Terkait Taiwan

Berita terkait
China Keberatan Ada Pembicaraan Dagang Amerika dan Taiwan
Amerika mengatakan pihaknya sangat menantikan pembicaraan perdagangan minggu ini dengan Taiwan, China menolak hal itu
0
Komitmen AS Bagi Partisipasi Internasional Taiwan
Amerika Serikat (AS) tetap berkomitmen pada perluasan ruang partisipasi Taiwan di kancah internasional