UNTUK INDONESIA
Komentari Potret Jenazah Covid-19, Anji Dikecam PFI
Penyanyi Anji mendapat kecaman dari organisasi PFI setelah melontarkan opini mengenai potret jenazah korban Covid-19.
Penyanyi Anji. (Foto: Instagram/duniamanji)

Jakarta - Penyanyi Anji mendapat kecaman dari Organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) setelah melontarkan opini mengenai potret jenazah korban Covid-19 dan menjadi viral di media sosial. Pernyataan mantan vokalis grup band Drive itu dinilai bernada penghakiman dan penggiringan opini.

Dalam keterangan resminya PFI mengecam Anji karena membuat opini penghakiman sepihak terhadap foto karya jurnalistik yang dibuat oleh Joshua Irwandi, fotografer yang mendapatkan grant dari National Geographic. Padahal, sang fotografer telah bekerja sesuai kode etik jurnalistik.

"PFI Pusat telah menghubungi Joshua Irwandi terkait foto tersebut untuk memastikan keabsahan dari karya jurnalistiknya yang viral itu. Dari hasil diskusi tersebut, Joshua telah mematuhi kode etik jurnalistik, mematuhi prosedur perizinan, dan mengikuti segala macam protokol kesehatan yang diwajibkan oleh pihak rumah sakit," kata Ketua PFI Pusat Reno Esnir, dikutip Tagar pada Senin, 20 Juli 2020.

Reno mengatakan, Kerja Jurnalistik dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. PFI pun mengeluarkan enam pernyataan terkait pernyataan mantan personel Drive tersebut.

"PFI mengecam serta mengutuk opini yang tidak berimbang dan terkesan dibuat-buat dari saudara Anji, yang menyebabkan keresahan di kalangan pewarta foto, fotografer, dan masyarakat umum," kata Reno.

Anji eks DrivePenyanyi Anji. (Foto: Instagram/duniamanji)

Dia juga menegaskan bahwa PFI mendesak Anji untuk meminta maaf secara terbuka kepada seluruh pewarta foto Indonesia dan menghapus unggahan di akun Instagram pribadinya terkait foto karya Joshua Irwandi.

"PFI memdesak sdr. Anji untuk meluruskan apa yang sebenar-benarnya terjadi, sebelum, saat, dan sesudah proses pengambilan foto jurnalistik karya Joshua Irwandi di Instagram," terang Reno.

"Kami berharap agar tidak lagi ada yang membandingkan kerja jurnalistik pewarta foto dengan buzzer, influencer, Youtuber, Vlogger, dan sejenisnya. Karena kerja jurnalistik dilandasi oleh fakta yang ada di lapangan, memiliki kode etik yang jelas, dan dilindungi oleh undang-undang," kata Reno.

Sebelumnya, Anji mengomentari sebuah unggahan foto karya Joshua Irwandi mengenai jenazah pasien Covid-19 yang menjadi viral di media sosial. Dalam pernyataannya, ia menyebut ada beberapa kejanggalan dalam foto tersebut dan mempertanyakan bagaimana bisa seorang fotografer mengabadikan jenazah korban virus corona sementara pihak keluarga justru tidak boleh mendekatinya.

Belakangan Anji memberikan klarifikasi mengenai komentarnya terkait foto karya jurnalistik mengenai jenazah pasien Covid-19. Menurutnya, ia hanya mewakili pertanyaan serupa yang diajukan oleh banyak orang. []

Berita terkait
Aktor Amitabh Bachchan Positif Terinfeksi Covid-19
Aktor senior Bollywood Amitabh Bachchan terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19) setelah menjalani serangkaian tes.
Aktor Nick Cordero Meninggal Dunia karena Covid-19
Bintang film Nick Cordero meninggal dunia setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan mengidap Covid-19.
Menantu dan Cucu Amitabh Bachchan Positif Covid-19
Keluarga mega bintang Bollywood Amitabh Bachchan yang terdiri dari anak, menantu dan cucunya dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
0
Pulihkan Ekonomi, Negara G20 Perkuat Kerja Sama
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko menjelaskan negara-negara G20, sepakat meningkatkan kerjasama imbas Covid-19.