UNTUK INDONESIA
Koeman Datang, Pemain Senior Barcelona Terhilang
Pelatih Ronald Koeman belum resmi menjadi pelatih Barcelona. Namun dia segera bersih-bersih pemain. Koeman datang, pemain senior bakal dibuang.
Pelatih Ronald Koeman belum resmi menjadi pelatih Barcelona. Namun dia segera bersih-bersih pemain. Koeman datang, pemain senior seperti Sergio Busquets (kiri) dan Ivan Rakitic (kanan) bakal dibuang. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Pelatih Ronald Koeman belum resmi menggantikan Quique Setien yang dipecat sebagai pelatih Barcelona. Namun Koeman segera melakukan bersih-bersih pemain. Deretan pemain senior seperti Sergio Busquets dan Jordi Alba bakal terhilang saat Koeman datang. Pemain yang bertahan pun bersiap-siap dipangkas gaji besar-besaran. 

Setien sudah diberhentikan. Barca lewat media resmi mengumumkan bila pelatih berusia 61 ini tak lagi menangani tim. Penggantinya memang belum ditetapkan. Namun hampir dipastikan Koeman yang menjadi pelatih anyar. Dirinya pun sudah siap meletakkan jabatan sebagai pelatih tim nasional Belanda

Di tangan Koeman, revolusi Barca dimulai. Sebelumnya, klub memang merencanakan melepas sebagian pemain. Terutama mereka yang memiliki gaji tinggi seperti striker Luis Suarez, Busquets, Alba sampai Gerard Pique. 

Menurut El Periodico de Catalunya, Koeman tak peduli status mereka sebagai pemain senior. Busquets yang sudah berusia 32 bakal didepak meski merupakan kapten ke-2. Begitu pula Alba yang berusia 31 dan kapten ke-3 Barca. 

Busquets merupakan produk akademi Barca dan sudah bermain lebih dari 500 kali di berbagai kompetisi selama 12 tahun di tim senior. Sementara, Alba yang direkrut dari Valencia bergabung dengan Barca pada 2012. 

Selain mereka ada 4 pemain lagi yang bakal dilego, yaitu Luis Suarez (33), Arturo Vidal (33), Ivan Rakitic (32) dan Samuel Umtiti (26). Suarez sudah diincar klub Liga Amerika Serikat (MLS) dan Juventus. 

Sedangkan Rakitic akan kembali ke klub lama, Sevilla. Vidal sendiri dibidik Inter Milan dan Paris Saint-Germain. Demikian pula Umtiti kemungkinan pindah ke Italia karena diminati Napoli. 

Mereka merupakan para pemain bergaji tinggi yang bakal didepak Koeman. Selanjutnya, eks bek Barca yang bermain bersama Pep Guardiola pada era 1990-an ini membangun skuat yang bertumpu pada Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann. 

Messi Pergi, Koeman Siap

Bahkan Koeman sudah siap bila kapten Lionel Messi memanfaatkan klausul meninggalkan Barca saat berakhirnya kompetisi. Apalagi rumor hengkangnya Messi kian kuat setelah kekalahan memalukan 8-2 dari Bayern Munich di Liga Champions.

Ini untuk kali ke-3 secara berturut-turut Barca tersingkir di Liga Champions secara menyakitkan. Musim lalu, mereka dibantai Liverpool 4-0 di semifinal kedua setelah menang 3-0 di Camp Nou. 

Baca juga: 

Pelatih Setien Tak Yakin Bertahan Lama di Barcelona

Lionel Messi Bersiap Pergi, Barcelona Bakal Oleng

Sedangkan di musim 2017-18, giliran AS Roma yang menghajar Blaugrana di babak perempat final. Setelah menang 4-1, Barca dipaksa menyerah 3-0 di Olimpico. 

Barca sendiri fokus menjual pemain ketimbang membeli pemain di bura transfer musim panas. Klub berharap bisa memangkas pengeluaran dengan menjual pemain bergaji besar. Bila menolak pergi, klub bakal memotong gaji mereka secara besar-besaran. Strategi ini bisa memaksa pemain pergi. [] 

Berita terkait
Setien Dipecat, Koeman Kandidat Pelatih Barcelona
Pelatih Quique Setien dipecat menyusul kekalahan memalukan Barcelona di Liga Champions. Pelatih Ronald Koeman menjadi kandidat pelatih Barca.
Barcelona Kalah, Kredibilitas Pelatih Setien Hancur
Kredibilitas pelatih Barcelona Quique Setien hancur gara-gara kekalahan memalukan dari Bayern Munich di Liga Champions. Dia juga terancam dipecat.
Kalah Memalukan, Pelatih Setien Dipecat Barcelona
Pelatih Barcelona Quique Setien jadi korban pertama dari kekalahan memalukan di perempat final Liga Champions. Dirinya dikabarkan telah dipecat.
0
AC Milan Sudah Ingin Perpanjang Kontrak Ibrahimovic
AC Milan segera memperbarui kontrak striker Zlatan Ibrahimovic. Performa gemilang yang ditunjukkan membuat Ibrahimovic diperpanjang kontraknya.