UNTUK INDONESIA
KMP Parama Kalyana Kandas di Padang Bai Bali
Tim gabungan berhasil mengevakuasi 176 penumpang dan anak buah kapal ke Dermaga 1 Pelabuhan Padang Bai, Bali.
Tim gabungan SAR Bali melakukan evakuasi terhadap 176 penumpang KMP Parama Kalyana yang kandas di dekat Pelabuhan Padang Bai, Bali. (Foto: Basarnas Bali/Tagar/Nila Sofianty)

Bali - Kapal Motor Penumpang (KMP) Parama Kalyana mengalami kandas sekitar 100 meter dari Dermaga 1 Pelabuhan Padang Bai, Bali, Rabu 29 Januari 2020. Setidaknya 176 penumpang dan ABK harus dievakuasi ke Dermaga.

Kepala Kantor SAR Denpasar, Gede Darmada mengatakan selain mengangkut penumpang, KMP Parama Kalyana juga mengangkut 50 unit sepeda motor, dua unit kendaraan roda empat, 10 unit truk sedang, 9 unit truk besar, dan 6 unit tronton.

Kapal kandas saat akan sandar di Dermaga 1 Pelabuhan Padang Bai pada pukul 05.25 Wita.

Gede Darmada mengaku KMP Parama Kalyana kandas saat melakukan gerak untuk proses sandar di Dermaga 1 Pelabuhan Padang Bai. 

"Kapal kandas saat akan sandar di Dermaga 1 Pelabuhan Padang Bai pada pukul 05.25 Wita. Namun, sekarang posisinya aman dan menunggu air pasang," ujarnya.

Sekitar pukul 08.20 Wita tim gabungan melaksanakan evakuasi terhadap penumpang dengan menggunakan RIB menuju dermaga. Proses evakuasi berlangsung kurang lebih dua jam dengan hasil seluruh penumpang telah terevakuasi dalam keadaan selamat dan kapal akhirnya bisa sandar di dermaga.

"Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan dalam kondisi selamat," ujarnya. 

Proses evakuasi melibatkan personil dari Basarnas Bali Pos SAR Karangasem, Polair Polda Bali, Polsek Padang Bai, KPLP Padang Bai, ASDP Padang Bai, Bakamla RI, BPBD (Balawista) Kabupaten Karangasem, Crew Spead Boot Ekajaya, Crew Wahana dan masyarakat setempat.

Sementara itu, upaya pemindahan penumpang dilakukan menggunakan 1 unit RIB, 1 unit speed boat Eka Jaya, sekoci Wahana, dan perahu nelayan. []

Berita terkait
300 KK di Bondowoso Mengungsi Akibat Banjir Bandang
BPBD Kabupaten Bondowoso menyebut ada dua desa di Kecamatan Ijen yang terdampak banjir bandang dan warga harus mengungsi.
Diancam, Penghuni Lahan PT KAI Mengadu DPRD Jatim
Sejumlah warga Jawa Timur yang menghuni lahan PT KAI mendapatkan ancaman ketika menagih uang sewa serta dipaksa mendantangani surat kontrak lahan.
Putus Asa, Pria di Surabaya Lompat dari Jembatan
Warga yang sempat melihat korban bertengkar dengan istrinya di atas jembatan layang Diponegoro, Surabaya sebelum nekat melompat.
0
20.659 Pasien Virus Corona Sembuh di China
Otoritas kesehatan China melaporkan sebanyak 20.659 pasien virus corona dinyatakan sembuh dan boleh pulang dari rumah sakit.