KLHK Resmi Gelar Festival Iklim 2020

Wakil Menteri LHK Alue Dohong, resmi membuka Festival Iklim 2020
Pembukaan Festival Iklim 2020 oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong. (Foto:Tagar/Kemen LHK)

Jakarta – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong, resmi membuka Festival Iklim 2020. Kali ini, Festival tersebut diselenggarakan dengan tema, “Penguatan Aksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim di Masa Pemulihan Pandemi COVID-19”. 

Festival tahunan ini, akan digelar setiap hari selama tiga minggu, sejak tanggal 7 hingga 27 Oktober 2020. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mengakses informasi agenda lengkap pada tautan festivaliklim2020.id melalui perangkat elektronik pintar.

Persetujuan Paris mengundang semua negara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pemerintah Indonesia menyatakan komitmen negara untuk menurunkan emisi sebesar 29% sampai dengan 41% dengan kerjasama internasional pada tahun 2030, serta secara bersamaan meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.

Menteri LHK pada sambutannya yang dibacakan oleh Wamen Alue Dohong menyampaikan bahwa, Festival Iklim yang dirayakan tahun ini merupakan sarana outreach kepada publik. 

Selain itu, juga tentang implementasi kebijakan perubahan iklim yang telah dilakukan selama kurun waktu lima tahun sejak berdirinya Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Kementerian LHK serta sharing best practices yang dilakukan Kementerian/Lembaga maupun masyarakat.

Festival Iklim 2020Pembukaan Festival Iklim 2020 secara virtual. (Foto:Tagar/ KemenLHK)

Festival Iklim di tahun kelima ini, tetap konsisten menyuarakan komitmen Negara yang ditulis dalam dokumen Nationally Determined Contribution. Dalam dokumen ini tertulis target nasional untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% dengan upaya sendiri. Lalu dengan dukungan internasional sebesar 41%. Serta, peningkatan ketahanan adaptasi terhadap perubahan iklim.

“Persetujuan Paris mengundang semua negara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pemerintah Indonesia menyatakan komitmen negara untuk menurunkan emisi sebesar 29% sampai dengan 41% dengan kerjasama internasional pada tahun 2030, serta secara bersamaan meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim”, terang Wamen Alue Dohong.

Festival ini juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi melalui berbagai kompetisi menarik, seperti kompetisi gerakan nol emisi, lomba foto dan video, apresiasi kampung iklim dan masih banyak lagi, untuk merayakan kreatifitas segenap komponen masyarakat dalam menciptakan inisiatif-inisiatif kegiatan mitigasi dan adaptasi. []

Berita terkait
KLHK: Karhutla di Pulau Jawa Turun Signifikan
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berhasil memadamkan beberapa titik kecil kebakaran hutan dan lahan di Pulau Jawa agar tidak meluas.
KLHK Bantu Pulihkan Ekonomi Lewat Program Penanaman Mangrove
KLHK Bantu Pulihkan Ekonomi Lewat program penanaman Mangrove. Program seluas 15.000 hektare ini melibatkan Kelompok Tani Hutan di 34 provinsi.
Siti Nurbaya: Pemetaan Wilayah Ada Regulasi dan Standarnya
Menteri LHK Siti Nurbaya mengingatkan kepada Pemda bahwa pemetaan wilayah sudah ada regulasi dan standarnya.
0
Juventus Angkat Kembali Massimiliano Allegri Jadi Pelatih
Juventus telah menunjuk kembali mantan pelatih Massimiliano Allegri hanya beberapa jam setelah memecat Andrea Pirlo