KLa Project, Pergantian Nama dan Keluar-Masuk Personel

KLa Project merupakan grup musik beraliran pop Indonesia yang berdiri pada tahun 1988, terdiri dari Katon Bagaskara, Lilo, Adi, dan Ari burhani
KLa Project. (Foto: Tagar/Gigsplay)

Jakarta - KLa Project merupakan grup musik beraliran pop Indonesia yang berdiri pada tahun 1988. Grup ini terdiri dari Katon Bagaskara, Lilo (Romulo Radjadin), Adi Adrian dan Ari Burhani.

Nama dan Logo KLa ditulis dari inisial personel mereka, namun karena ada dua personel yang memiliki nama dengan huruf depan A, maka huruf A dalam kata 'KLa' dibuat berbeda, yaitu dengan menggunakan huruf kecil.

Debut album pertama KLa Project berjudul Tentang Kita (1989), menyusul kemudian albumnya KLa 'Kedua' Project (1990), di mana album tersebut mendapatkan penghargaan BASF Award pada 1991 kategori album terlaris kategori 'Techno Pop'. Lagu hit dalam album ini salah satunya berjudul 'Yogyakarta'.

Pasir Putih (1991). Dengan lagu hits, "Tak Bisa ke Lain Hati" yang mendapatkan penghargaan sebagai lagu paling popular untuk kategori Pop Kontemporer. Dan disinilah kita dapat mengenal KLa Project lebih akrab dan peduli dengan lingkungan sekitar, Pantai Pasir Putih. Dan nama ini dijadikan judul dari Album mereka kali ini.

Namun dalam perjalananya setelah album ketiga, Pasir Putih yang dirillis pada 1992, Ari Burhani keluar dan beralih peran sebagai manajer band hingga saat ini. KLa terus berjalan dengan formasi tiga orang. Kemudian pada Maret 2001, giliran Lilo yang keluar dari band ini.

Pada 2003, KLa menambah tiga orang personel baru, Erwin Prasetya, Yoel Priyatna dan Hari Goro. Nama mereka pun berubah menjadi NuKLa, dan sempat merilis album pada 2004. Namun lagi-lagi personelnya, Erwin Prasetya keluar dari NuKLa karena perbedaan visi pada 2006. Tak lama setelah itu, Katon Bagaskara menyatakan bahwa NuKLa berganti nama kembali menjadi KLa Project. []


Baca juga

Berita terkait
Kemendikbudristek Gelar Lomba Inovasi Musik Nusantara
Kemendikbudristek gandeng Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti Foundation) menggelar lomba Inovasi Musik Nusantara sebagai pelestarian budaya.
Yuke Sampurna, Basis dalam Tiga Proyek Musik
Yuke Sampurna merupakan pemain bas grup band Dewa. Ia menggantikan Erwin Prasetya yang hengkang akibat ketidakcocokan dengan manajemen Dewa.
Led Zeppelin, Perintis Musik Beraliran Heavy Metal
Led Zeppelin adalah kelompok musik rock legendaris asal Inggris yang terbentuk pada September 1968. Band ini merupakan perintis aliran Heavy Metal.
0
5 Tips Memaksimalkan Manfaat Membaca Buku
Membaca buku merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Agar memperoleh manfaat maksimal dari membaca buku, maka lakukanlah mulai dari mencacat.