UNTUK INDONESIA
Kisah Moge BJ Habibie
BJ Habibie memiliki motor gede yang pelat nomornya merupakan inisial dari nama istri tercinta, Ainun Habibie.
BJ Habibie menaiki motor gede. (Foto: Instagram/museum_mandiri)

Jakarta - Semasa hidupnya Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dikenal juga sebagai penggemar otomotif. Bahkan, mendiang BJ Habibie mengoleksi beberapa motor gede (moge).

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini memiliki hobi menaiki moge sejak masih muda.

Insinyur lulusan Jerman itu diketahui mengoleksi dua unit moge yakni, Harley Davidson Softail Springer 1994 dan Badboy yang dibeli di Seattle, Amerika Serikat.

Meneruskan catatan Historia, Harley Davidson Heritage Softail milinya sengaja dipasang sidecar, agar memiliki getaran yang besar saat mesin menyala. 

Dokter yang sempat merawatnya pun menyarankan Habibie untuk mengendarai motor tersebut, agar bekas jahitan di dadanya kembali normal.

Mungkin belum banyak yang mengetahui, kala menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi, Habibie kerap mengendarai moge saat berkunjung ke kawasan industri di Jakarta.

BJ Habibie dan SoehartoBJ Habibie membonceng Soeharto di depan halaman Istana Negara. (Foto: Istimewa)

Bahkan, Presiden RI periode 1998-1999 itu pernah memboceng Presiden RI ke-2 Soeharto, dengan motor Suzuki VS400 Intruder di depan Istana Negara.

Memiliki kecintaan dengan dunia otomotif, tak melunturkan cintanya kepada almarhumah Hasri Ainun Besari.

BJ Habibie memiliki pelat nomor unik yakni B 2506 AH. Lalu, apa artinya?

Dimulai dari nomor 2506 merupakan angka hari kelahiran BJ Habibie yaitu 25 Juni 1936 silam. Sementara AH adalah singkatan dari Ainun Habibie yang diambil dari namanya dan juga istrinya yang akrab disapa Ainun. []

Berita terkait
Sejarah SMA Kristen Dago Bandung, Sekolah Habibie-Ainun
SMA Kristen Dago Bandung walau murid sedikit, ingin mencetak BJ Habibie-BJ Habibie yang lain. Ini sejarah sekolah di mana Habibie-Ainun bertemu.
Perempuan-perempuan di Sekitar BJ Habibie
Perempuan-perempuan yang berpengaruh sangat kuat dalam perjalanan hidup Bacharuddin Jusuf Habibie, dari bukan siapa-siapa menjadi siapa-siapa.
BJ Habibie Kendalikan Dollar dengan Teori Zig-Zag
BJ Habibie mengenalkan teori zig-zag guna mengeluarkan Indonesia dari krisis moneter pada tahun 1998. Tak diduga teori itu berhasil.
0
PSS Tembus 4 Besar Setelah Menang di Kandang
PSS Sleman kembali menembus ppaan atas klasemen Shopee Liga 1 setelah mengalahkan Kalteng Putra 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Jumat 18 Oktober 2019.