UNTUK INDONESIA
Kiprah Ria Irawan di Dunia Seni Peran
Bungsu dari lima bersaudara ini merupakan anak dari pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan.
Ria Irawan. (Foto: Instagram/@henzmakeup)

Jakarta - Chandra Ariati Dewi Irawan yang biasa disapa Ria Irawan merupakan artis kelahiran Jakarta, 24 Juli 1969. Bungsu dari lima bersaudara ini merupakan anak dari pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan.

Lahir di lingkungan perfilman, bakat beraktingnya sudah tercium sejak umur empat tahun. Ria kecil pun mulai bermain film perdananya di film Sopir Taxi yang rilis tahun 1973.

Setelah itu, hampir setiap tahun dia selalu membintangi film. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Kembang Kertas yang disutradarai oleh Slamet Rahardjo yang rilis pada 1984.

Sukses sebagai aktris, wanita ini menjajal dunia tarik suara dengan membentuk grup musik yang bernama Japras beranggotakan Ully Artha, Debby Cintia Dewi, Rini S. Bono, Nurul Arifin, Eva Arnaz, Rima Melati, dan sebagainya.

Tidak puas dengan kesuksesannya sebagai pemeran film dan penyanyi, dia juga merambah dunia fotografi dan sempat menjadi sutradara video klip Anggun C. Sasmi.

Pada 5 April 1997, Ria menikah dengan seorang pengusaha duda bernama Yuma Wiranatakusumah. Pernikahan ini tidak berlangsung lama, keduanya bercerai tahun 1999. 

Setelah 17 tahun menjanda, Ria menikah dengan asisten pribadinya yang bernama Mayky Wongkar pada 23 Desember 2016.

Pada tahun 2014, Ria Irawan didiagnosis menderita kanker kelenjar getah bening stadium tiga. Kanker tersebut diketahuinya setelah menjalani operasi pengangkatan rahimnya yang menebal.

Awal tahun 2019, Ria mengatakan bahwa kanker yang ada di tubuhnya sudah bersih. Wanita berkerudung itu pun sempat kembali ke dunia hiburan dengan membintangi film Kuambil Lagi Hatiku.

Kini, Ria kembali dirawat di RSCM sejak 1 September 2019, karena mengalami metastase atau penyebaran sel kanker dan harus menjalani pengobatan dengan radiasi. []

Berita terkait
Setampan Cowok Korea, Profil Ian, Anggota DPRD Bantaeng
Andi Muhammad Irham Irdansyah Irfan salah satu anggota DPRD Kabupaten Bantaeng Periode 2019-2024 memiliki wajah tampan bak artis Korea.
Profil Kutai Kartanegara, Ibu Kota Pengganti Jakarta
Profil Kab Kutai Kartanegara yang ditunjuk Jokowi sebagai ibu kota baru pengganti Jakarta.
Agung Hercules Penyanyi Dangdut Meninggal, Ini Profilnya
Agung Hercules, penyanyi dan aktor Indonesia tutup usia di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat, Kamis, 1 Agustus 2019.
0
Tiga Kuliner Indonesia Favorit Orang Asing
Tiga masakan favorit tersebut adalah sate ayam, nasi goreng kampung, gado-gado, dan kerupuk udang.