Khasiat Daun Bidara, untuk Sakit Ringan Sampai Berat

Khasiat daun bidara telah dikenal luas, mulai dari mempercepat penyembuhan luka, menyehatkan sistem pencernaan hingga ampuh menurunkan kolesterol.
Daun Bidara. (Foto: Tagar/Rumah)

Jakarta - Pemanfaatan daun bidara untuk kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa diolah menjadi ramuan dengan mudah di rumah atau jika tak ingin repot, kamu bisa mengandalkan produk ekstrak daun bidara.

Khasiat daun bidara telah dikenal luas, mulai dari mempercepat penyembuhan luka, menyehatkan sistem pencernaan hingga ampuh menurunkan kolesterol. Berikut manfaat lengkapnya.


Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Berkat sifat yang antiinflamasi, ramuan daun bidara bisa membantu untuk mempercepat bagian tubuh yang terluka. Sifatnya yang juga antibakteri memastikan luka terhindar dari infeksi.

Selain itu, daun dari tanaman bidara juga dapat menghilangkan bekas luka. Karena kemampuannya yang mendukung regenerasi kulit di bagian bekas luka.

Untuk memanfaatkan khasiat yang satu ini, kamu hanya perlu merebus air dengan daun bidara. Lalu oleskan pada bagian luka secara hati-hati.


Mengatasi Jerawat di Wajah

Dengan sifatnya yang antiinfalmasi pula kandungan daun bidara bisa membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Caranya pun tidak sulit.

Ambil beberapa lembar daun bidara. Bersihkan dan tumbuh hingga halus. Kemudian tambahkan lemon hingga merata.

Jika sudah jadi, oleskan ramuan tersebut ke bagian muka yang berjerawat dan diamkan hingga kering. Setelah itu bilas dengan air bersih.


Meredakan Penyakit Flu

Kandungan di dalam daun bidara diketahui sanggup untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan virus secara efektif, termasuk kuman penyebab flu.

Untuk mengatasi flu, kamu bisa mengandalkan produk minyak daun bidara. Cukup konsumsi beberapa tetes dan sambil perbanyak minum air putih.


Membantu Mengobati Diabetes

Kandungan di dalam daun bidara mampu mengikat kadar gula berlebih dalam darah. Hal ini berdampak baik untuk mencegah maupun mengobati beberapa tipe penyakit diabetes. []


Baca juga

Berita terkait
Sering Jadi Campuran Minuman, Ini Lima Manfaat Daun Serai
Di Jawa, daun serai menjadi bahan utama minuman hangat karena memilki khasiat mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Jangan Sepelekan, Ini Dia Manfaat Tahu yang Baik untuk Tubuh
Sama halnya dengan tempe, tahu juga masuk kategori makanan yang murah, menyehatkan, dan memiliki kalori yang sangat rendah.
Manfaat Air Kelapa dalam Produk Skincare
Air kelapa menyimpan manfaat baik untuk kesehatan baik organ di dalam tubuh maupun untuk kulit termasuk menjadi bahan skincare. Berikut manfaatnya.
0
Khasiat Daun Bidara, untuk Sakit Ringan Sampai Berat
Khasiat daun bidara telah dikenal luas, mulai dari mempercepat penyembuhan luka, menyehatkan sistem pencernaan hingga ampuh menurunkan kolesterol.