Jakarta, (4/4/2019) - Belum lama Samsung memperkenalkan seri Galaxy A30 dan A50 di Indonesia, ternyata brand handphone ternama asal Korea Selatan ini kembali memboyong dua seri Galaxy A terbaru ke Tanah Air, yaitu Galaxy A20 dan Galaxy A10.

Kedua seri ini adalah sebagai pelengkap dari Samsung sebelumnya yaitu Galaxy A30 dan A50. Seri ini nantinya akan mengisi pasaran ponsel yang dikhususkan untuk kalangan menengah ke bawah. Apalagi dengan adanya seri A ini akan menggantikan seri J yang memang pernah mengusai pasaran ponsel karena harganya terjangkau bagi kelas menengah ke bawah.

Munculnya seri A di Tanah Air membuat Samsung Indonesia bakal menghentikan produksi seri Galaxy J. Namun, di pasaran, seri Galaxy J masih bisa didapatkan seiring sisa stok yang masih ada.

Samsung sendiri ke depannya akan menyederhanakan lini ponselnya di Indonesia menjadi empat seri saja, yaitu Galaxy S, Galaxy Note, Galaxy A, dan Galaxy M. Khusus Samsung seri A10 dan A20 ditinjau dari segi harga masih terbilang murah bagi masyarakat minim bujet.

Samsung Galaxy A10 rilis di Indonesia pada hari ini, Kamis (4/4). Produk itu sudah dapat dibeli secara online. Galaxy A10 dibanderol dengan harga Rp 1.799.000. Beberapa platform e-commerce yang bekerjasama dengan Samsung yakni Lazada, Blibli, JD.id, Erafone, dan Telesindoshop.

Sedangkan Samsung Galaxy A20 baru bisa dibeli di situs jual beli online pada 5 April 2019. Galaxy A20 dibandrol dengan harga lebih mahal dibanding dengan A10, yaitu  Rp 2.299.000. 

Masyarakat tidak perlu khawatir dalam waktu dekat ini, kedua ponsel jenis Galaxy A10 dan A20 akan tersedia secara offline di toko-toko mitra Samsung pada 6 April 2019.

Melihat dari harga kedua ponsel ini, tentu saja masyarakat juga mempertanyakan keunggulan dari Samsung Galaxy A10 dan Samsung Galaxy A20.

Samsung A20Samsung A20. (Foto: Samsung.com)

Keunggulan Samsung Galaxy A10

Melihat dari penampilan ponsel ini, Galaxy A10, mengusung layar TFT-PLS "Infinity-V "dan desain punggung Glasstic. Jenis smartphone ini didesain dengan layar penuh yang kekinian. Adapun layar ponsel Galaxy A10 mempunyai  lebar 6,2 inci dengan reolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dan beraspek rasio 19:9.

Untuk performa jenis Smartphone yang dibandrol harga Rp 1 jutaan, ponsel ini sudah dibekali dengan chip octa-core Exynos 7884, RAM 2 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD.  Dari kombinasi performa Smartphone ini, tak perlu dikhawatirkan lagi karena spesifikasi Samsung Galaxy A10 ini sudah cukup mampu untuk menjalankan aplikasi secara normal dalam aktivitas sehari-hari.

Pada aspek fotografi, Smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama Galaxy A10 beresolusi 13 megapiksel, dengan lensa berbukaan f 1.9. Sedangkan kamera selfie yang ditampung di takik berbentuk huruf-V beresolusi 5 megapiksel.

Sementara untuk kapasitas baterai ponsel ini adalah 3.400 mAh. Dengan kapasitas baterai  yang dimiliki Samsung A10 ini tentu saja dapat bertahan lama ketika digunakan untuk pemakaian normal harian. Jenis ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie yang dilapis antarmuka One UI. Berbeda dengan Galaxy A20, Galaxy A10 masih menggunakan port micro-USB 2.0 dan belum mendukung pengisian daya cepat. Ada dua warna Galaxy A10 yang ditawarkan, yakni biru dan hitam.

Meskipun dari harga terbilang murah, Ponsel ini juga tidak ketinggalan zaman dengan Smartphone lainnya. Pihak Samsung juga telah menyematkan fitur Face Unlock yang memudahkan penggunanya untuk dapat membuka kunci smartphone hanya menggunakan wajah saja. Jika melihat smartphone lain yang menggunakan sensor fingerprint untuk membuka kunci ponsel, Samsung Galaxy A10 juga punya metode lain yaitu dengan Face Unlock.

Bagaimana dengan keunggulan Samsung Galaxy A20?, Galaxy A20 memang berada diatas Galaxy A10 jika dilhat dari aspek spesifikasinya. Untuk Smartphone jenis ini mengusung desain ''Infinity-V" dengan layar Super AMOLED 6,4 inci (720 x 1.560 piksel, aspect ratio 19,5:9) berponi mungil.

Waterdrop notch disisi atas layar ponsel ini memuat kamera selfie beresolusi 8 megapiksel (f/2.0). bagian punggung ponsel ini berbahan 3D Glass dengan nuansa plastic-feel atau bisa disebut "Glasstic"

Samsung Galaxy A20 ditenagai chip octa-core Exynos 7884 dengan kecepatan 1,6 Ghz. Ponsel ini dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB yang bisa diperluas dengan kartu memori microSD hingga 512 GB jika media penyimpanan yang tersedia dirasa masih kurang.

Dua kamera utama tertanam dipunggung ponsel tersebut, dengan masing-masing resolusi 13 megapiksel (f 1.9), dan 5 megapiksel (f 2.2) yang berfungsi sensor ultra-wide untuk menangkap gambar hingga jangkauan 123 derajat. Tidak ketinggalan, Samsung menyematkan lampu flash untuk mendukung pengambilan pada kondisi kurang cahaya.

Soal daya baterai, ponsel ini memiliki kapasitas daya 4.000 mAh dan dibekali dengan teknologi pengisian daya 15 watt. Perangkat ini juga hadir dengan sejumlah fitur seperti fingerprint scanner, face recognition, USB tipe C, Samsung Pay, Bixby, teknologi audio Dolby Atmos, Samsung Knox dan One UI.

Galaxy A20 menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dilapis antarmuka terbaru dari Samsung, One UI. Ada dua warna yang ditawarkan oleh ponsel ini yakni biru dan hitam.

Baca juga: