UNTUK INDONESIA
Kesehatan Diperiksa, Asner: Mudah-mudahan Memuaskan
KPU Kota Pematangsiantar akan menetapkan melalui rapat pleno hasil tes kesehatan pasangan calon Asner Silalahi-Susanti Dewayani.
Asner Silalahi ketika di rumahnya Jalan Sidamanik, Kota Pematangsiantar, Sumut pada Rabu, 29 Juli 2020. (Foto: Tagar/Ist)

Pematangsiantar - Hari ini, Kamis, 17 September 2020, KPU Kota Pematangsiantar akan menetapkan melalui rapat pleno hasil tes kesehatan pasangan calon Asner Silalahi-Susanti Dewayani, calon tunggal di kota berjuluk Sapangambei Menoktok Hitei.

Komisioner Bidang Teknis, Ruth Gina Ginting mengatakan, pasangan calon Asner- Susanti telah mengikuti seluruh tahapan pemeriksaan tes kesehatan yang digelar di Kota Medan, Sumut.

Selanjutnya kata Gina, KPU akan menunggu hasil kesehatan pasangan calon dari masing- masing instansi terkait, sebelum mengumumkan hasil tes kesehatan lewat rapat pleno KPU.

"Kedua pasangan calon sudah melewati tahapan tes kesehatan. Kami sedang menunggu hasil tes dari IDI, HIMPSI dan BNN. Kami akan melakukan rapat pleno dan mengumumkan hasil tes kesehatan keduanya," ujar Gina, Rabu, 16 September 2020 kemarin di Pematangsiantar.

KPU kata Gina, juga akan mengumumkan hasil verifikasi syarat calon bersamaan dengan hasil tes kesehatan.

Mudah-mudahan hasilnya memuaskan. Agar dapat mengikuti tahapan pencalonan berikutnya

"Nanti kalau syarat calonnya ada yang kurang sesuai, ada masa perbaikan selama tiga hari sebelum tahapan penetapan paslon dilakukan 23 September mendatang," katanya.

Sebelumnya, Asner Silalahi dan Susanti Dewayani menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan pada Selasa, 15 September 2020.

Pemeriksaan berlangsung sejak pagi hingga malam hari untuk memastikan kesehatan keduanya, meliputi tes kesehatan jasmani oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pemeriksaan pisikologi oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan pemeriksaan bebas narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Asner dihubungi Tagar usai menjalani tes kesehatan, menyampaikan rasa syukur dapat melewati tes sebagai tahapan pemilihan kepala daerah.

"Puji Tuhan tahapan tes kesehatan sudah selesai dan kondisi saya sehat saat mengikuti tes. Berbagai tes sudah saya lalui mulai USG, laboratorium, rontgen, mata, penyakit dalam, bedah, urologi, gigi dan mulut, orthopedi, THT, jantung, neurologi, paru, hingga pisokologi dan tes urine," ujar Asner, Rabu, 16 September 2020.

Asner berharap hasil tes kesehatan dirinya memenuhi prosedural sebagai calon kepala daerah yang akan diumumkan pada Kamis, 17 September 2020.

"Mudah-mudahan hasilnya memuaskan. Agar dapat mengikuti tahapan pencalonan berikutnya. Kami doakan yang terbaik agar dapat mengabdi untuk masyarakat Siantar," ujar Asner.[]

Berita terkait
Pilkada Siantar Tanpa Petahana, Ini Kata Akademisi
Akademisi dari Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Medan mengatakan, Pilkada Siantar tanpa petahana, berbeda dari Pilkada lainnya di Indonesia.
Pilkada Siantar Calon Tunggal, Kolom Kosong Bergerak
Sebanyak 25 daerah di Indonesia menghadirkan kolom kosong melawan pasangan calon tunggal, termasuk di Kota Pematangsiantar, Sumut.
Alasan 8 Parpol Mengusung Calon Tunggal di Siantar
Delapan parpol pemilik 30 kursi di DPRD Kota Pematangsiantar, Sumut, kompak mengusung satu paslon, yakni Asner Silalahi dan Susanti Dewayani.
0
Semua Babinsa di Pessel Wajib Patuhi Prokes
Semua Babinsa di Kabupaten Pesisir Selatan diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.