Kerugian Aksi Right Issue Bagi Perusahaan dan Investor

Salah satu yang menjadi dampak dari adanya kemajuan teknologi adalah bidang ekonomi, atau lebih tepatnya adalah investasi.
Ilustrasi kerugian right issue (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Berkembangnya teknologi tentu saja berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Salah satu yang menjadi dampak dari adanya kemajuan teknologi adalah bidang ekonomi, atau lebih tepatnya adalah investasi.

Dengan kemudahan teknologi sekarang ini, kamu bisa melakukan investasi di mana pun dan kapan pun. Selain kemudahan dalam bertransaksi investasi, instrumen investasi juga kini kian beragam jenisnya, seperti saham, emas, kripto, obligasi, reksa dana, dan lain sebagainya.

Investasi juga menawarkan keuntungan yang menggiurkan bila kamu melakukannya dengan benar. Oleh sebab itu, sebelum terjun ke dalam dunia investasi, pastikan kamu mempelajari terlebih dahulu instrumen investasi yang akan kamu investasikan.

Seperti misalnya kamu ingin berinvestasi di saham, kamu haruslah memahami berbagai seluk-beluk dari saham. Banyaknya jenis teknik analisis dan istilah yang ada di saham juga terlihat membingungkan bila kamu tidak mempelajarinya. Salah satu istilah yang harus kamu ketahui dalam saham adalah right issue atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMEDT).

Menurut Keputusan Badan Pengawas Pasar Modal, Nomor 26 Tahun 2003, pengertian right issue adalah hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham yang ada untuk membeli efek baru.

Dengan kata lain, perusahaan yang melakukan right issue akan menerbitkan saham baru. Tujuannya adalah untuk menambah modal kerja, mendukung rencana aksi korporasi, ekspansi bisnis, hingga membayar kewajiban utang.

Meskipun tujuan dari adanya right issue adalah untuk mendapatkan tambahan modal, namun tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan tersebut dapat mengalami kerugian. Ada beberapa potensi kerugian setelah terjadi right issue. Salah satunya, perusahaan bisa saja tidak berhasil meraih target dan gagal meraih kinerja perusahaan yang baik.

Berikut ini adalah beberapa potensi kerugian dari right issue bagi investor.

1. Nilai setiap saham dapat terdilusi setelah pengumuman HMETD.

2. Penggalangan dana melalui right issue sering kali menimbulkan tekanan bagi emiten.

3. Investor dapat kehilangan nilai holding jika harga saham turun setelah HMETD.

Itulah tadi beberapa kerugian aksi right issue atau HMETD bagi perusahaan dan investor. Meskipun bertujuan untuk mendapatkan modal dan menguntungkan, namun terdapat pula potensi kerugian yang harus diwaspadai.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Wow! Right Issue Emiten BBYB Oversubscribed 400 Persen
Direktur Utama PT Bank Neo Commerce Tbk Tjandra Gunawan mengatakan bahwa right issue Perseroan mengalami oversubscribed
7 Artis Thailand Ini Lahir di Bulan Desember, Ada Bright!
Banyak artis yang berulang tahun pada Desember tak terkecuali beberapa artis ternama dari Thailand. Ini deretan artinya yang ulang tahun.
4 Tugas Bank yang Tergolong Kustodian Kekayaan Negara
Secara garis besar, kustodian sendiri berarti penitipan harta yang dilakukan suatu pihak kepada bank kustodian.
0
Kerugian Aksi Right Issue Bagi Perusahaan dan Investor
Salah satu yang menjadi dampak dari adanya kemajuan teknologi adalah bidang ekonomi, atau lebih tepatnya adalah investasi.