Kerjasama Pemkot Cirebon - Tarakan Atasi Kemiskinan

Pemkot Cirebon dan Pemkot Tarakan berencana melakukan kerja sama antar pemerintah daerah untuk mengentaskan kemiskinan.
Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati menerima kunjungan Wakil Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Effendy Djuprianto untuk menjalin kerjasama. (Foto:Tagar/Cirebonkota.go.id)

Cirebon - Pemkot Cirebon dan Pemkot Tarakan berencana melakukan kerjasama antar pemerintah daerah untuk mengentaskan kemiskinan. Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati mengatakan bahwa para wakil wali kota dan bupati di seluruh Indonesia, mendapatkan tugas untuk mengentaskan kemiskinan.

"Kebetulan kita satu grup di grup wakil wali kota dan bupati seluruh Indonesia. Pak Pendi ini juga aktif dalam berbagai kegiatan. Kedatangan beliau salah satunya untuk itu," ujar Eti usai menerima kunjungan Wakil Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Effendy Djuprianto, di ruang kerjanya, Jumat, 5 Februari 2021.

"Kami telah membicarakan sejumlah peluang kerja sama yang bisa membuka peluang usaha sekaligus pengentasan kemiskinan dan tadi beliau konsentrasi ke perikanan," sambungnya.

Dia menyebut bahwa Tarakan memiliki potensi perikanan yang besar. Hal ini harus dimanfaatkan dengan baik pula oleh Kota Cirebon maupun Kota Tarakan.

Salah satunya dengan mengirimkan tenaga kerja dari Kota Cirebon untuk memberikan pelatihan, seperti pelatihan packaging serta berbagai pelatihan lainnya.

Untuk itu, Eti meminta kepada pengusaha di Kota Cirebon untuk bisa menangkap peluang bisnis ini. Dengan begitu akan semakin banyak tenaga kerja yang terserap sehingga pengentasan kemiskinan bisa dilakukan.

Kami telah membicarakan sejumlah peluang kerja sama yang bisa membuka peluang usaha sekaligus pengentasan kemiskinan

"Ini angin segar untuk pengusaha. Mudah-mudahan kerja sama antar kota ini bisa berjalan dengan baik," ujar Eti.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Effendy Djuprianto, menilai Kota Cirebon maupun Kota Tarakan sama-sama memiliki potensi kelautan dan perikanan yang bisa dikembangkan. Untuk itu, Effendy berkunjung ke Kota Cirebon untuk mendorong pemanfaatan potensi dan kerja sama antara kedua daerah tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Bupati Cirebon Desak SKPD Selesaikan Laporan
Bupati Cirebon, H. Imron M.Ag meminta kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Cirebon untuk menyelesaikan laporan.
Pemda Cirebon Harapkan Kelancaran Vaksinasi Covid-19
Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon berharap kelancaran pelaksanaan vaksinasi covid-19. Ia meminta dukungan seluruh masyarakat.
Pemkot Cirebon Siapkan Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19
Untuk yang pertama divaksin, selain tenaga kesehatan juga akan dipilih dari Forkopimda, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat.
0
Pemkot Lhokseumawe Segera Lakukan Vaksinasi Massal Covid-19
Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, dalam bulan Juni 2021 ini akan segera melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal