UNTUK INDONESIA
Kerja Sama BUMN dan Swasta, Erick: Jangan Diakali
Menteri BUMN Erick Thohir mempersilakan BUMN bekerja sama dengan perusahaan swasta. Tapi, dengan syarat tidak ada akal-akalan pihak swasta.
Menteri BUMN Erick Thohir berpidato dalam acara inaugurasi Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Papua dan Papua Barat di Jakarta, Sabtu, 22 Februari 2020. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay/hp)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mempersilakan BUMN bekerja sama dengan perusahaan swasta. Tapi, dengan syarat tidak ada akal-akalan pihak swasta ketika bekerja sama dengan perseroan pelat merah untuk memperlancar bisnisnya.

"Jangan BUMN diakali, karena banyak juga teman-teman swasta yang mengakali dengan menaruh seseorang di dalamnya supaya bisnisnya jalan terus. Tidak apa-apa bisnis bisa jalan terus, asalkan transparan dan terbuka," ucap Erick Thohir di Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020 seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Usai Mapping, Erick Thohir Bagi BUMN Jadi 15 Klaster

BUMN kata dia bukan merupakan ladang uang untuk kepentingan kelompok tertentu. Sebab, di dalamnya ada uang rakyat yang harus digunakan juga untuk kepentingan rakyat.

"Jangan sampai taruh orang di dalam sekedar menggerogoti BUMN-nya. Kalau ada apa-apa dengan BUMN rakyat akan kehilangan Rp 467 triliun per tahun. Apakah itu bebannya mau dikembalikan ke swasta? Kan tidak," tuturnya.

Maka dari itu, ia memperingatkan perusahaan swasta untuk tidak mengakali ketika bekerja sama dengan BUMN. Karena, izin yang diberikan untuk kerja sama menurutnya merupakan hasil ia mendengarkan keluhan swasta.

"Tapi musti win-win, berpartner yang baik agar hasilnya baik, toh sama-sama kepentingannya satu, yakni dividennya baik," ujarnya.

Jika terjadi hal tersebut, Erick memastikan akan mencopot direksi yang berusaha untuk menggerogoti atau membangkrutkan BUMN. Pasalnya, Erick sudah membangun ekosistem agar semua pihak sama-sama bersaing membangun Indonesia menjadi negara maju.

Sehingga dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing. "Dengan ini saya berharap, saya ingin swasta bekerja sama dengan BUMN tapi saya titip jangan diakali," kata Erick. []

Berita terkait
Profil Tiga BUMN yang Diancam Likuidasi Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir mengancam akan likuidasi perseroan pelat merah dengan kategori dead weight karena dinilai tidak berkinerja maksimal
Tak Ada Pegawai, Erick Thohir Ancam Likuidasi 3 BUMN
Tiga BUMN dengan kategori dead weight atau memiliki kinerja tidak maksimal terancam ditutup. Pasalnya, Menteri BUMN Erick Thohir tengah berbenah.
Uang Nasabah Jiwasraya, Erick Thohir: Sedang Proses
Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen untuk menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Salah satunya, kepastian pembayaran polis.
0
Menu Berbuka Puasa yang Sehat Pengganti Es Teh Manis
Menu berbuka puasa, tak harus dengan es teh manis untuk mengusir dahaga. Berikut menu berbuka puasa yang sehat pengganti es teh manis.