Untuk Indonesia
Kerang Panggang Pulut, Kuliner Bergizi dari Belawan
Medan kota kuliner. Salah satu kuliner khasnya kerang panggang pulut dari laut Belawan.
Kerang panggang pulut. (Foto: Tagar/Tonggo Simangunsong)

Belawan - Kota Medan sudah lama dikenal sebagai kota kuliner. Karena di kota ini ada begitu banyak menu makanan yang bisa memanjakan lidah siapa saja. Salah satunya kerang panggang pulut dari laut Belawan.

Seperti apa rasanya? Kerang panggang pulut kini tidak mudah didapat. Namun, di kawasan Belawan, yang memang dekat dengan laut, kerang bercangkang besar ini masih mudah didapat.

Salah satunya di bilangan Lambung Jalan Medan-Belawan kawasan Pangkal Titi Km 21, Belawan Bahari. Membeli kerang panggang pulut di Belawan bisa lebih murah bila dibandingkan dengan di pasar lainnya.

Walau tak mudah lagi mendapatkannya, namun kerang panggang pulut ini kian diminati kalangan penikmat makanan laut (seafood).

Di beberapa warung jajanan malam di Kota Medan yang khusus menjual kerang laut, kerang panggang pulut kian dinikmati. Untuk kalangan ibu-ibu, kerang panggang pulut kerap menjadi hidang istimewa.

"Sebenarnya saya bukan penggila makanan seafood, tapi kalau dibilang kerang panggang pulut, nah itu suka sekali. Rasanya itu beda dari kerang yang lain," ujar Dewi Tampubolon, seorang ibu rumah tangga yang mengaku suka dengan kerang panggang pulut, Jumat 7 Juni 2019.

Kerang panggang pulut bisa dimasak dengan cara bervariasi. Bisa direbus saja, lalu dinikmati dengan sambal nenas kacang. Bisa juga dijadikan lauk nasi dengan cara memasaknya dengan bumbu tauco pedas.

Daging kerang yang kenyal dan manis menjadi ciri khasnya. Ukurannya juga tidak terlalu kecil seperti kerang pada umumnya.

Seperti berdasarkan penelitian yang pernah dimuat di laman Circulation, makanan laut mengandung vitamin B12 (cobalamin), yaitu nutrisi penting bagi kesehatan kardiovaskular.

Kerang merupakan sumber vitamin B12, yang berperan dalam menjinakkan homosistein yakni zat kimia yang dapat merusak dinding pembuluh darah. Sekitar 100 gram kerang mengandung 33 persen vitamin B12 dari kebutuhan harian.

Bagi Anda yang suka dengan makanan laut, kerang panggang pulut bisa jadi pilihan, apalagi di momen Lebaran seperti ini. []

Artikel lainnya:

Berita terkait
0
Kaum Ibu Buka Baju di Tobasa, Ini Kata Saut Sirait
Pandangan kritis disampaikan oleh Saut Sirait, seorang pendeta HKBP yang juga dikenal luas sebagai pegiat demokrasi.