UNTUK INDONESIA
Kenalkan Tiga Robot Baru Andalan ITS Surabaya
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Selasa (20/6), mengenalkan tiga robot barunya yang akan mengikuti kompetisi nasional dan internasional.
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) memperagakan prototipe kapal Nala V S di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/6). Prototipe karya mahasiswa ITS tersebut bakal mengikuti kompetisi Internasional Roboboat (AUVSI 10th International Roboboat Competition (IRC)) 2017 pada 20-25 Juni 2017 di Amerika Serikat. (Foto: Ant/Didik Suhartono)

Surabaya, (Tagar 20/6/2017) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Selasa (20/6), mengenalkan tiga robot barunya yang akan mengikuti kompetisi nasional dan internasional. Tiga robot itu adalah Al Jazari merupakan robot soccer beroda, Ichiro merupakan robot soccer humanoid yang ukurannya riga kali lebih besar dibanding yang sebelumnya dan RI-Grant, robot pelempar cakram (abu robocon) yang akan mengikuti kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) tingkat nasional Juli mendatang.

Ketua tim RI-Grant Mochammad Bintang Juris Islami mengaku persiapannya sudah dari Agustus tahun lalu. "Timnya ini terdiri dari 12 orang. Mei lalu, tim saya lolos dari kompetisi regional, meski berada di posisi kedua setelah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)," kata mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2014 Rektor ITS Prof Joni Hermana yang memperkenalkan tiga robot baru itu mengatakan dirinya ingin menyemangati para mahasiswa untuk mempertahankan apa yang selama ini telah diraih ITS.

"Kami sudah juara di berbagai ajang dan ini perlu dipertahankan. Saya salut juga pada mereka yang telah menyedikan waktu berhari-hari di sini, itu dedikasi yang luar biasa," kata Joni. Diungkapkannya lagi, ada dispensasi khusus kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tersebut. Saat ini pihaknya sedang mengakumulasikan mahasiswa-mahasiswa yang sedang membuat robot untuk dapat dispensasi secara akademik.

Munadi Herlambang, alumni ITS tinggal di Jakarta, mengatakan "Bangga dengan prestasi mahasiswa tersebut, semoga berkembang dan semakin baik."

Selain kontes KRAI, ITS akan mengikuti sejumlah kompetisi lainnya, diantaranya kompetisi internasional Robocup di Nagoya, Jepang. (rif/ant)

Berita terkait
Alumni ITS Apresiasi KPU Suksesnya Pemilu 2019
Alumni ITS Surabaya mengapresiasi KPU yang telah menjalankan tugasnya menyelenggarakan Pemilu 2019
Spesifikasi Motor Listrik Buatan ITS
Sejak 28 November 2018 resmi motor listrik garapan ITS menjadi motor listrik nasional.
Foto: Gesits Motor Anak Bangsa
Gesits yang merupakan kolaborasi pemikiran dari anak bangsa dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
0
Moeldoko Bocorkan Posisi Jabatan di Kabinet Jokowi
Mantan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebutkan akan tetap membantu Presiden Jokowi dalam periode 2019-2024.