UNTUK INDONESIA
Kenali Perbedaan Tumor dan Kanker
Sebagian besar mungkin masih bingung membedakan kanker dan tumor. Apakah tumor dapat menyebabkan kanker?
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Sebagian besar mungkin masih bingung membedakan kanker dan tumor. Apakah tumor dapat menyebabkan kanker? ataukah kanker dan tumor adalah hal yang sama. 

menjelaskan perbedaan tumor dan kanker menurut beberapa ahli.Tagar menjelaskan perbedaan tumor dan kanker menurut beberapa ahli.

Kanker hampir sama dengan tumor, tapi keduanya memiliki perbedaan. Tidak semua tumor itu kanker, tapi semua kanker adalah tumor. 

Tumor adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada bagian tubuh tertentu, tidak menyebar, karena disebut tumor jinak. Sementara kanker merupakan tumor ganas, sel-sel kanker bersifat merusak dan menyebar ke bagian-bagian tubuh sekitarnya.

"Jadi, semua benjolan yang tidak normal namanya adalah tumor. Tumor itu ada yang ganas ada yang jinak. Kalau yang jinak, di operasi 15 menit selesai. Tapi kalau yang ganas, tidak ada batas antara jaringan normal dan kanker," tutur Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad.

Sementara menurut ketua umum pengurus Pusat Perhimpunan Onkologi Indonesia (PPPOI), Dradjat Ryanto Suardi menjelaskan, perbedaan benjolan kanker dan tumor yakni, benjolan kanker terasa padat dan keras. Sementara tumor akan terasa lebih lunak, sehingga bisa mengalami pergeseran jika ditekan.

"Sel-sel kanker bila teraba rasanya akan seperti meraba tulang, sementara itu, benjolan tumor akan teraba lebioh lunak," ujar dokter spesialis bedah onkologi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Lanjutnya, hal itu terjadi karena penyusupan terhadap jaringan-jaringan disekitarnya maka sulit digerakkan. selain itu, dia juga mengatakan jika tumor jinak lebih tidak berbahaya dibanding tumor ganas atau kanker.

"Tumor jinak tidak lebih berbahaya daripada kanker karena tidak menyebabkan kegagalan pada organ orang yang dihinggapinya," tutur Dradjat.

Dia juga menambahkan, sel-sel yang tumbuh itu akan membelah dua, menjadi empat, kemudian delapan, inilah yang disebut sel tidak normal. Karena terus bertumbuh, meskipun tidak dibutuhkan tubuh dan yang akan membentuk pembengkakan atau benjolan.

Maka, tidak heran jika seorang dokter mendiagnosa seseorang mengidap penyaki tumor, saat menemukan benjolan di tubuh. 

Tanda awal tumor, muncul bintik-bintik dipermukaan kulit yang menyerupai tahi lalat dan akan berkembang dalam waktu jangka panjang.

Tumor dapat menjadi kanker sangat ganas, dan akan dapat menyerang bagian vital tubuh, kemudian menyebar kemana-mana.

"Ada satu hal yang sangat membahayakan ketika sel kanker masuk ke pembuluh darah, maka ada kemungkinan sel kanker hidup di tempat lain seperti otak, paru-paru, liver, tulang, dan inilah yang seringkali membawa ke arah yang tidak baik sampai ke kematian," tandasnya.[]

Berita terkait
0
Banda Aceh Dikepung Kabut Asap
Kota Banda Aceh mulai terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah titik di pulau Sumatera.