Kenali Dampak Negatif Softlens Terhadap Kesehatan Mata

Softlens bisa mengakibatkan alergi atau bahkan infeksi karena pemakaian yang terlalu lama,
Ilustrasi pemakaian softlens. (Foto:Tagar/Pixabay)

Jakarta - Lensa kontak atau biasa disebut softlens ini dikenal banyak orang sebagai pengganti kacamata karena lebih fleksibel untuk dipakai. Softlens ini juga mempunyai banyak warna untuk dipilih, tak jarang perempuan menggunakan softlens ini untuk memperindah warna mata.

Perlu kamu ketahui sebelum menggunakan softlens, ada beberapa yang tidak boleh dilakukan. Seperti menggunakan softlens selama 24 jam, apalagi selama berhari-hari tanpa dilepas. Berikut adalah dampak negatif softlens bagi mata


1. Mata menjadi kering

Mata kering ini akan terjadi apabila kamu tidak melepas softlens selama berhari-hari, mata akan menjadi lemah dan gatal akibatnya kornea mata menjadi luka. Cara menghindari mata kering ini, kamu bisa menggunakan obat tetes mata dan mengistirahatkan mata dari softlens.


2. Mata merah

Salah satu penyebab mata merah karena terlalu sering memakai softlens dan membuat kornea luka. Membiarkan softlens diam berhari-hari bisa mengakibatkan pembuluh darah lebih terlihat dan mata berwarna kemerahan.


3. Mata kekurangan oksigen

Mata yang kekurangan oksigen akan terlihat seperti kemerahan, terasa perih, pandangan menjadi blur, dan kering. Penggunaan softlens selama berhari-hari bisa menghambat oksigen ke kornea.


4. Alergi dan infeksi

Softlens bisa mengakibatkan alergi atau bahkan infeksi karena pemakaian yang terlalu lama, bisa mengakibatkan pembengkakan pada kornea. Gejala ini umumnya seperti mata kemerahan, mata berair atau bahkan gejala yang belum umum.


Walaupun penggunaan softlens ini bisa mengganti peran kacamata, akan tetapi dampak dari softlens ini bisa berbahaya bagi mata. Jika kamu mengalami gejala yang tak kunjung hilang selama berhari-hari sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter.


(Ghariza Syifa)

Berita terkait
Cantiknya Mata dengan Softlens Tapi Tilik Resikonya
Nah, pengaruh positifnya sih banyak. Tapi harus hati-hati loh dengan bahaya penggunaan softlens itu. Baca info berikut:
Deretan Makanan yang Bernutrisi Baik untuk Kesehatan Mata
Berikut Tagar rangkumkan 7 jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata, dikutip dari laman Healthline.
Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata dengan Rumus 20-20
Penerapan rumus 20-20 tersebut untuk menjaga mata agar tidak terjadi kelainan refraksi seperti mata minus, plus, atau silinder.
0
Kenali Dampak Negatif Softlens Terhadap Kesehatan Mata
Softlens bisa mengakibatkan alergi atau bahkan infeksi karena pemakaian yang terlalu lama,