Kenali 5 Tanda Imun Tubuh Menurun yang Perlu Diwaspadai

Penting untuk Anda untuk menguatkan sistem imun tubuh dengan menjalani berbagai kegiatan seperti olahraga, konsumsi vitamin dan lainnya.
Ilustrasi - Tanda imun tubuh menurun. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Di tengah penyebaran virus Covid-19 yang sedang meningkat ini, penting untuk Anda untuk menguatkan sistem imun tubuh dengan menjalani berbagai kegiatan. 

Pasalnya, imun tubuh sulit untuk diprediksi kapan akan menurun dan meningkatnya. Oleh karena itu, menjaga kondisinya agar tetap stabil adalah cara yang efektif.  Meski demikian,  Anda juga perlu tahu, tanda-tanda apa saja yang membuat imun tubuh menurun.


1. Mudah kelelahan

Ketika imun tubuh mulai menurun, kelelahan adalah hal yang mungkin akan kamu rasakan paling utama. Terlebih apabila Anda tidak melakukan pekerjaan yang begitu banyak dan sudah beristirahat cukup, namun masih saja merasa kelelahan. 


2. Stres meningkat

Pandemi yang sudah dijalani oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia memang tidak bisa dipungkiri membawa dampak yang cukup besar, baik itu secara fisik maupun psikis. Bahkan mengutip laporan American Physcological Association, stres yang berlebih dan berjangka panjang bisa melemahkan respons daya tubuh.


3. Nyeri pada sendi

Nyeri pada sendi termasuk tanda-tanda yang menunjukkan imun Anda sedang menurun. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh melambat dalam waktu yang cukup lama. 

Sehingga kamu akan mengalami kondisi yang bernama vaskulitis. Ini artinya timbul peradangan pada pembuluh darah akibat autoimun ataupun infeksi. 


4. Luka sulit untuk sembuh

Ketika kulit terkena luka, salah satu cara agar ia bisa cepat sembuh tergantung pada bagaimana kualitas imun. Jika daya tahan imun Anda menurun, maka penyembuhan lukanya pun akan terhambat. 


5. Tubuh rentan terkena penyakit

Salah satu tanda bahwa imun di dalam tubuh Anda menurun adalah tubuh yang rentan terkena penyakit. Misalnya Anda sering merasa tenggorokan sakit, pusing, bahkan batuk dalam waktu yang bersamaan. 

Meskipun rasa sakit itu datang hanya sebentar, tapi jika dalam frekuensi yang cukup sering, bukan tidak mungkin itu menjadi penanda bahwa tubuh kamu sedang tidak dalam kondisi yang baik-baik saja.

Nah, jika salah satu tanda-tanda tersebut Anda alami sebaiknya rajinlah untuk mengkonsumsi vitamin. []

Berita terkait
5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Tangkal Covid-19
Menginkatkan imunitas tubuh di masa pandemi menjadi keharusan sebagai salah satu upaya menangkal paparan virus Covid-19.
Imunitas Tubuh Kuat Virus dan Bakteri Tidak Punya Kesempatan
Sistem ketahanan (imunitas) tubuh adalah mekanisme yang efektif, didesain untuk jaga tubuh dari serangan berbagai penyakit akibat virus dan bakteri
Wedang Racikan Kodim 0617/Majalengka Tingkatkan Imun Tubuh
Wedang hasail buatan Kodim0617/Majalengka ini diberi nama Wedang Uwuh Sugih Mukti.
0
Kenali 5 Tanda Imun Tubuh Menurun yang Perlu Diwaspadai
Penting untuk Anda untuk menguatkan sistem imun tubuh dengan menjalani berbagai kegiatan seperti olahraga, konsumsi vitamin dan lainnya.