Kenali 5 Penyebab Rem Blong pada Mobil dan Cara Mengatasinya

Untuk mencegah rem blong pada mobil, pengemudi perlu merawat dan memeriksakan kondisi kendaraannya, khususnya pada bagian sistem pengereman.
Pedal rem pada mobil. (Foto: Tagar/Autodeal)

Jakarta - Kondisi rem mobil yang tidak terawat akan menyebabkan fungsinya menjadi tidak optimal sehingga bisa membuat rem menjadi blong. Maka tidak jarang banyak kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan roda dua maupun roda empat disebabkan oleh rem blong.

Untuk mencegah rem blong pada mobil, pengemudi perlu merawat dan memeriksakan kondisi kendaraannya, khususnya pada bagian sistem pengereman. Berikut Tagar berikan lima penyebab rem blong pada mobil dan cara mengatasinya, dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, Selasa, 27 Oktober 2020.

1. Faktor Uap Air

Kondisi rem blong biasanya disebabkan oleh masuknya udara ke dalam sistem pengereman yang bisa memunculkan uap air. Uap air yang dihasilkan dari proses oksidasi tersebut akan mengganggu sistem pengereman, sehingga lama kelamaan uap air akan membuat minyak rem terasa panas.

Jika minyam rem sudah panas, maka hal tersebut akan mengakibatkan gangguan pada sistem pengereman mobil. Tekanan dari minyak rem menjadi turun dan rem menjadi tidak berfungsi dengan optimal.

2. Kekurangan Minyak Rem

Faktor lain yang dapat menyebabkan rem blong adalah kurangnya minyak pada sistem pengereman. Jika minyak rem kurang, maka rem akan sulit untuk dikendalikan, sehingga mobil akan terus menjadi dan sulit untuk berhenti. Jadi, penting bagi pengemudi untuk terus memastikan minyak rem dalam keadaan yang cukup.

3. Kualitas Minyak Rem

Selain harus memastikan minyak rem dalam keadaan cukup, kualitas minyak rem juga harus dipastikan sesuai dengan standar. Jangan sampai menggunakan minyak rem dengan kualitas yang buruk. Pasalnya hal itu dapat mempengaruhi suhu minyak rem dan dapat menyebabkan rem menjadi blong.

4. Terlalu Sering Injak Pedal dalam Waktu Lama

Keseringan menginjak pedal rem dalam waktu lama juga bisa menjadi salah satu penyebab rem mobil menjadi blong. Hal ini dikarenakan gaya gesek antara kaki dengan pedal secara terus menerus akan membuat kaliper menjadi panas. Kondisi kaliper yang panas ini yang bisa menyebabkan rem blong.

5. Rem Tidak Terawat

Pangkal permasalahan yang menyebabkan rem menjadi blong adalah karena tidak adanya perawatan pada sistem pengereman. Gangguan pada sistem kendaraan dapat menyebabkan rem mobil menjadi blong dan bisa berujung pada kecelakaan lalu lintas.

Pengguna harus memastikan tidak ada gangguan pada bagian sistem pengereman. Jika memang ragu dengan kondisi rem pada mobil, pengemudi dapat membawanya ke bengkel mobil untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.[]

Berita terkait
Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Aus
Kampas rem yang sudah habis atau aus tentunya akan mengganggu sistem pengereman mobil, sehingga berpotensi menyebabkan kecelakan.
Bawa Mobil, Jangan Rem Mendadak Tanpa Alas Kaki
Menyetir tidak menggunakan alas kaki bisa meningkatkan cedera pada kaki saat terjadi kecelakaan.
Tips Menjaga Kebersihan Mobil Saat Jarang Digunakan
Saat jarang digunakan mobil harus dipastikan kebersihannya agar tidak ada hewan yang bersarang di kap mesin.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.