UNTUK INDONESIA
Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Aus
Kampas rem yang sudah habis atau aus tentunya akan mengganggu sistem pengereman mobil, sehingga berpotensi menyebabkan kecelakan.
Kampas rem mobil. (Foto: Tagar/Auto2000)

Jakarta - Dalam berkendara, setiap pengendara wajib memastikan mobilnya dalam keadaan prima. Setiap komponen mobil harus diperiksa kelayakannya, salah satunya adalah kampas rem. Oleh sebab itu penting bagi pengendara untuk mengetahui ciri-ciri dari kampas rem mobil yang sudah aus atau habis.

Berikut adalah ciri-ciri kampas rem mobil yang sudah habis, dikutip Tagar dari laman Auto2000, Kamis, 8 Oktober 2020.

1. Rem Tidak Pakem

Apabila kampas rem mobil sudah habis, biasanya menyebabkan rem menjadi tidak pakem. Hal ini biasanya disebabkan karena penekanan kampas rem pada piringan yang sudah tidak merata.

Apabila tenaga pengereman sudah tidak maksimal meskipun sudah menkan pedal lebih dalam, maka sudah saat untuk segera melakukan perbaikan dengan mengganti kampas di bengkel.

2. Terdengar Suara Berdecit

Jika Anda pernah mendengar suara berdecit saat menginjak pedal rem mobil, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab itu bisa menjadi pertanda kampas rem mobil mulai aus.

Kampas rem yang sudah habis hanya akan meninggalkan bagian besinya saja, sehingga sistem pengereman sudah tidak lagi terkena kampas melainkan bagian besi tersebut. Hal inilah yang menimbulkan bunyi berdecit saat menginjak pedal rem.

3. Pedal Rem Bergetar Saat Diinjak

Ciri-ciri lain saat kampas rem mobil habis adalah pedal rem menjadi bergetar saat diinjak. Hal ini disebabkan oleh kapas yang sudah habis, sehingga permukaannya tidak rata. Pada Akhirnya, piringan cakram rem tidak bisa mencengkeram dengan sempurnya, hasilnya berupa getaran yang dirasakan saat menginjak pedal rem.

Siapa sangka masalah getaran ini tidak hanya terjadi saat menginjak rem saja, tetapi juga sampai ke setir mobil jika kondisinya sudah memburuk. Hal tersebut akan menggangu kenyamanan berkendara dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.[]

Berita terkait
Bawa Mobil, Jangan Rem Mendadak Tanpa Alas Kaki
Menyetir tidak menggunakan alas kaki bisa meningkatkan cedera pada kaki saat terjadi kecelakaan.
Tips Mengendalikan Mobil Ketika Pecah Ban di Jalan Tol
Berkaca pada kasus kecelakaan di jalan tol akibat pecah ban ini, ada trik khusus agar mobil tidak terguling.
Ini Gejala dan Penyebab Kerusakan Tie Rod pada Mobil
Gejala yang muncul ketika tie rod mengalami kerusakan adalah gerakan mobil yang oleng pada kecepatan normal atau bahkan dalam kecepatan rendah.
0
Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Aus
Kampas rem yang sudah habis atau aus tentunya akan mengganggu sistem pengereman mobil, sehingga berpotensi menyebabkan kecelakan.