UNTUK INDONESIA
Kena Protes, Konser Malam Takbiran Iwan Fals Diundur
Konser malam takbiran Iwan Fals, diundur setelah mendapat banyak protes dari warganet.
Iwan Fals gelar konser tayang di YouTube malam Takbiran. (Foto: Twitter/iwanfals)

Jakarta - Penyanyi legendaris Iwan Fals berencana menggelar konser amal pada malam takbiran yang ditayangkan secara online di YouTube pada Sabtu, 23 Mei 2020. Namun lantaran menuai kecaman dari sejumlah warganet, acara tersebut diputuskan untuk diundur.

Kabar pemunduran jadwal disampaikan langsung oleh sang maestro melalui cuitan di akun Twitter @iwanfals pada Sabtu pagi, 23 Mei 2020.

Tampak dalam postingan poster konser yang akan dihelat malam ini tayang di akun resmi YouTube Bank Mandiri.

Adapun konser yang akan tayang pada pukul 20.00 WIB itu bertajuk Iwan Fals Konser Amal Malam Takbiran #BersamaMandiri.

Iwan FalsIwan Fals gelar konser tayang di YouTube malam Takbiran. (Foto: Twitter/iwanfals)

Sebelumnya, unggahan berisi pengumuman konser yang sedianya berlangsung pada Sabtu malam, bertepatan dengan malam takbiran menyambut Idul Fitri 1441H, mendapat respon keras dari sejumlah warganet.

Mereka menyindir helatan musik tersebut sebagai aktivitas bertema hura-hura semata.

Selain itu, acara itu juga ddinilai tidak menghormati umat Islam yang terpaksa mengurungkan niat untuk melakukan takbiran bersama-sama di masjid lantaran adanya pembatasan sosial terkait virus corona

"Silakan , Iwan Fals dan Mandiri Takbiran. Ummat Islam, tetap Khusyu Takbiran saja. Kalau saja ambil waktunya Hari kedua, gw yakin lebih bagus respon nya dan maksimal. Itu, kalau tujuannya galang dana. Bulan ambil space waktu TAKBIRAN, Saat2 Ummat Islam Agungkan NamaNya," tulis pemilik akun Twitter Saddam Husein.

"Gak bisa digeser lain waktu emang bang? Gak pantes aja kayaknya malem takbiran malah konser. Bocah-bocah dikampung saya juga gak pada gonjrang-gonjreng kalo malem takbiran mah," timpal aku @adimondeck.

"Saat Ramadan, Nabi “terpaksa” Perang Badar utk membela diri. Eh Ramadan ini kita malah Perang Tagar utk membela ego. Yg pertama dgn etika, yg kedua ciptakan petaka. Rindu Engkau, Muhammadku. Ampuni kami, Ya Rabb!" kata akun @Husen_Jafar.

Menengahi perkara, Nahdlatul Ulama turut serta meninggalkan komentar dengan membagikan potongan gambar pemberitahuan bahwa 1 Syawal jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.

"[IKHBAR] Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falakiyah PBNU pada hari Jum’at, tanggal 22 Mei 2020 telah melakukan rukyatul-hilal bil fi'li di sejumlah lokasi rukyat yg telah ditentukan dengan hasil : HILAL TIDAK TERLIHAT. Maka 1 Syawwal jatuh pada Ahad, 24 Mei 2020," tulis NU.

Tak hanya itu, kala pelantun lagu Surat Wakil Rakyat tersebut membagikan video kala dirinya mengajak para penggemarnya menyaksikan konsernya di YouTube, warganet makin menggila.

"Wan wan.. seharusnya lu dihari tua lu bakal dipandang sebagai sosok seorang legend wan, tapi sayang skrg bkn nya legend tapi malah terhina gara² gigilu ompong di depan rezim dungu ini, ketahuan klo lagu² lu slama ini cuma buat cari makan tok.. ku kira itu lidah² api nya rakyat," kata akun @Almasihi_Dajjal.

Bahkan, ada netizen yang nekat membuat mengajak teman, pilihan dengan #TakbiranYesKonserNo. Agar konser tersebut dibatalkan pihak Bank Mandiri.

Iwan FalsIwan Fals gelar konser tayang di YouTube malam Takbiran diundur setelah dihujat warganet. (Foto: Twitter/iwanfals)

Tak ingin makin dihujat warganet, akhirnya pihak Bank Mandiri memutuskan untuk mengundur acara tersebut pada Selasa, 26 Mei 2020 mendatang.

Hal tersebut dinyatakan Iwan melalui akun Twitternya pada Sabtu, 23 Mei 2020 dengan membagikan potongan gambar yang berisi pernyataan.

"Sahabat, kami sangat berterimakasih atas antusiasmenya menantikan konser amal malam takbiran legenda musik Indonesia, Iwan Fals #berasamamandiri yang semula dijadwalkan tanggal 23 Mei 2020,"

"Agar memberikan pengalaman batin yang lebih tenang dan berarti didalam suasana yang Fitri ini, dan tanpa mengurangi rasa hormat dan rasa rindu kalian kepada Iwan Fals mohon maaf kami akan memindahkan tanggal konser menjadi 26 Mei 2020 pukul 20.00 WIB tetap di YouTube Official Bank Mandiri,"

"Sampai jumpa di Konser Amal #dirumahaja dan tetap khidmat beribadah dimalam takbiran bersama keluarga tercinta di rumah. Tetap sehat. Selamat Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin".

Menerima keputusan itu, Iwan Fals pun mengucap syukur lantaran dia terlanjur menerima hujatan dari netizen.

"Wuiiss aji gile dah...Alhamdulillaaah, Konser Malam Takbiran-Nya diundur.." cuit Iwan pada Sabtu, 23 Mei 2020.

Berita terkait
Iwan Fals Minta Indonesia Tidak Menyerah Lawan Corona
Musisi senior Iwan Fals menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tidak menyerah untuk melewati masa sulit saat pandemi virus corona.
Dibuka Jokowi, Konser Corona Raup Donasi Rp 4 Miliar
Presiden Jokowi membuka konser virtual penggalangan donasi penanggulangan virus corona di Indonesia, yang mengumpulkan dana mencapai Rp 4 miliar.
Lagu Lathi Milik Weird Genius Viral Lagi di Twitter
Lagu Lathi milik Weird Genius viral di media sosial Twitter lantaran memiliki keunikan tersendiri membalut unsur EDM dan musik Jawa.
0
Kena Protes, Konser Malam Takbiran Iwan Fals Diundur
Konser malam takbiran Iwan Fals, diundur setelah mendapat banyak protes dari warganet.