UNTUK INDONESIA
Kementerian PUPR Selesaikan 6 Tol Baru Jabodetabek
Kementerian PUPR bersama badan usaha jalan tol terus mempercepat penyelesaikan enam ruas tol baru jabodetabek.
Kementerian PUPR membangun ribuan kilometer tol baru (Foto:Tagar/dok.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Advertorial - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama badan usaha jalan tol terus mempercepat penyelesaian enam ruas tol baru jabodetabek. Diantaranya ruas-ruas tol baru pada kawasan metropolitan, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 1A memiliki panjang 3,17 kilometer. Saat dalam progres konstruksi mencapai 99 persen. Perbaikan-perbaikan telah terlaksana usai dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF). ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, , dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik . Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 1A memiliki panjang 3,17 kilometer. Saat dalam progres konstruksi mencapai 99 persen. Perbaikan-perbaikan telah terlaksana usai dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF). ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik . Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 1A memiliki panjang 3,17 kilometer. Saat dalam progres konstruksi mencapai 99 persen. Perbaikan-perbaikan telah terlaksana usai dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF). ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia. "Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik investasi," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 1A memiliki panjang 3,17 kilometer. Saat dalam progres konstruksi mencapai 99 persen. Perbaikan-perbaikan telah terlaksana usai dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF). ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia

Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik

Selanjutnya Ruas Tol Serpong - Cinere Seksi 1 sepanjang 6,5 kilometer merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. 

Lalu Tol Bogor Ring Road Seksi 3A sepanjang 3 kilometer yang telah melalui tahapan Uji Statis dan Uji Dinamis. Seksi Simpang Yasmin – Kayu Manis merupakan bagian dari Jalan Tol BORR yang dikelola oleh PT. Marga Sarana Jabar dengan total panjang 11,45 kilometer. 

Kemudian Jalan Tol Cengkareng - Kunciran sepanjang 14,19 kilometer yang akan diresmikan Desember 2020. Tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC).

Dukungan keenam jaringan jalan tersebut adalah untuk memperlancar lalu lintas/memangkas waktu perjalanan, sekaligus memberikan dukungan bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi pada metroplolitan Jakarta. []Tol Cibitung – Cilincing Seksi 1 sepanjang 13,52 kilometer. Ruas ini akan menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Ruas tol ini akan memberikan dukungan pergerakan orang (komuter) dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.Dukungan keenam jaringan jalan tersebut adalah untuk memperlancar lalu lintas/memangkas waktu perjalanan, sekaligus memberikan dukungan bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi pada metroplolitan Jakarta. []Tol Cibitung – Cilincing Seksi 1 sepanjang 13,52 kilometer. Ruas ini akan menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Ruas tol ini akan memberikan dukungan pergerakan orang (komuter) dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.Dukungan keenam jaringan jalan tersebut adalah untuk memperlancar lalu lintas/memangkas waktu perjalanan, sekaligus memberikan dukungan bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi pada metroplolitan Jakarta. []Tol Cibitung – Cilincing Seksi 1 sepanjang 13,52 kilometer. Ruas ini akan menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Ruas tol ini akan memberikan dukungan pergerakan orang (komuter) dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.Dukungan keenam jaringan jalan tersebut adalah untuk memperlancar lalu lintas/memangkas waktu perjalanan, sekaligus memberikan dukungan bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi pada metroplolitan Jakarta. []Jalan Tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran - Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Diharapkan Tol Cengkareng - Kunciran menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya.

Tol Cibitung – Cilincing Seksi 1 sepanjang 13,52 kilometer. Ruas ini akan menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Ruas tol ini akan memberikan dukungan pergerakan orang (komuter) dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Ruas tol terakhir yang siap diresmikan pada 2020 adalah Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu Seksi 1 dan Seksi 2A sepanjang 5,17 kilometer. Ruas tol ini mulai dikerjakan secara bertahap sejak 2015 dan siap diresmikan pada Desember 2020.

Dukungan keenam jaringan jalan tersebut adalah untuk memperlancar lalu lintas/memangkas waktu perjalanan, sekaligus memberikan dukungan bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi pada metroplolitan Jakarta. []

Baca juga:

Berita terkait
Upaya Kementerian PUPR Kurangi Risiko Banjir di Kendari
Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari tengah berupaya mengurangi risiko terjadinya banjir.
Kementerian PUPR Tata Kawasan di Kota Kendari
Kementerian PUPR melakukan penataan Permukiman Kumuh Perkotaan (PKP) di dua kawasan Bungkutoko, dan Petoaha di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.
Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan 2.724 Km Tol Baru
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan sejumlah proyek jalan tol.
0
Kementerian PUPR Selesaikan 6 Tol Baru Jabodetabek
Kementerian PUPR bersama badan usaha jalan tol terus mempercepat penyelesaikan enam ruas tol baru jabodetabek.