UNTUK INDONESIA

Kementerian Agama Rilis 4 Produk Alquran Berbasis Digital

Kemenag telah merilis 4 produk layanan digital ke-Alquranan pada Rabu, 27 Januari 2021.
Qur\\'an Kemenag versi 2.1.4, salah satu produk layanan digital ke-Alquranan milik Kementerian Agama. (Foto: Tagar/Dok. Kemenag)

Jakarta – Kementerian Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis 4 produk ke-Alquranan berbasis digital pada Rabu, 27 Januari 2021.

"LPMQ Kemenag terus berkomitmen untuk melakukan pengembangan dan perbaikan layanan di bidang Al-Qur'an. Empat produk yang diluncurkan hari ini merupakan hasil pengembangan yang kami lakukan, dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Kepala LPMQ Muchlis Hanafi.

4 produk ke-Alquranan berbasis digital tersebut ialah Qur'an Kemenag Android, Qur'an Kemenag in Ms Word, lima Judul Film Dokumenter Tafsir Ilmi, serta Distingsi Terjemahan Al-Qur'an Edisi Penyempurnaan Tahun 2019.

LPMQ Kemenag terus berkomitmen untuk melakukan pengembangan dan perbaikan layanan di bidang Al-Qur'an. Empat produk yang diluncurkan hari ini merupakan hasil pengembangan yang kami lakukan, dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,

Pengembangan produk layanan Alquran tersebut kata Muchlis telah dilakukan oleh LPMQ sejak tahun 2015.

"Pertama kali kami merilis aplikasi Qur'an Kemenag Android pada 2016. Hari ini, lima tahun sejak pertama kali dirilis, kami berharap aplikasi ini sudah jauh lebih baik," ucapnya.

Dirinya menyadari di era saat ini tuntutan transformasi layanan digital merupakan kebutuhan termasuk juga pada bidang Alquran.

"Saat ini kita tahu, bahwa masyarakat hampir sebagian besar telah mengakses internet. Maka LPMQ pun berharap seluruh produk yang kita punya, mulai dari mushaf hingga tafsir dapat diakses oleh umat secara digital," terangnya.

Perlu diketahui, saat ini Qur'an Kemenag Android telah hadir dalam versi terbaru 2.1.4 dan dapat diunduh melalui Play Store. Pada 27 Januari 2021, aplikasi Alquran Kemenag Android tersebut telah diunduh sebanyak 303.000 kali dengan rating 4,6.

Begitu juga dengan aplikasi Qur’an in Ms Word, aplikasi yang diperuntukan kepada para pelajar, mahasiswa, dan peneliti di bidang Alquran tersebut sudah diunduh sebanyak lebih dari 274.000 kali. Dalam aplikasi Qur’an Ms Word versi terbaru juga dapat ditemukan fitur baru layaknya pencarian ayat alquran dalam bahasa Indonesia maupun Arab. [] 

Berita terkait
Produk Pesantren, Kemenag & Bukalapak Bahas Peluang Kerjasama
Kementerian Agama temui pihak Bukalapak untuk menjajaki peluang kerjasama baik dari segi permodalan maupun pemasaran akan produk pondok pesantren.
Ribuan Pasien Covid Jalani Isolasi di Asrama Haji Kemenag
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman katakan ada ribuan pasien Covid-19 yang jalani isolasi terpusat di asrama haji.
Kemenag Dorong Distribusi ZIS untuk Korban Gempa & Banjir
Kamaruddin Amin dorong pendistribusian zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) untuk segera disalurkan kepada korban gempa dan bajir.
0
Kementerian Agama Rilis 4 Produk Alquran Berbasis Digital
Kemenag telah merilis 4 produk layanan digital ke-Alquranan pada Rabu, 27 Januari 2021.