UNTUK INDONESIA
Kementerian Agama Ajukan Tambahan 10 Ribu Kuota Haji
Menteri Agama Fachrul Razi sudah menyampaikan kepada Presiden Jokowi penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu.
Menteri Agama Fachrul Razi usai mengunjungi Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis, 13 Februari 2020. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Menteri Agama, Fachrul Razi mengajukan tambahan kuota untuk calon jemaah haji (CJH) Indonesia tahun 2020. Penambahan kuota diajukan mengingat antrian masyarakat yang daftar menjadi CJH masih panjang.

Fachrul mengatakan kuota pada musim haji tahun 2020 mencapai 221 ribu CJH. Jumlah itu dinilai belum mencukupi permintaan CJH, sehingga Kementerian Agama (Kemenag) mengajukan tambahan kuota 10 ribu kepada kerajaan Arab Saudi.

"Kuotanya haji bagus, kalau kuota tetap dan masih kita pegang 221 ribu. Tetapi kita usahakan tambah 10 ribu," ujar Fachrul usai mengunjungi Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis, 13 Februari 2020.

Fachrul optimis permintaan tambahan disetujui Kerajaan Arab Saudi. Namun, Pemerintah Indonesia belum menerima jawaban resminya. Untuk itu, dirinya meminta Presiden RI Joko Widodo agar mengkomunikasikannya kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud.

Kuotanya haji bagus, kalau kuota tetap dan masih kita pegang 221 ribu.

"Memang dari aspek body language (bahasa tubuhnya) tidak ada masalah. Hanya saja, hingga saat ini belum ada jawaban secara formal. Kita sudah minta bantuan Jokowi agar komunikasi dengan Raja Salman, mudah-mudahan Pak Jokowi komunikasi dan dipenuhi," tuturnya.

Fachrul menegaskan permintaan kepada Raja Arab Saudi ini bersifat tambahan, bukan pengajuan kuota. Dengan begitu, permintaan tambahan disetujui pada musim haji tahun berikutnya. Kemenag mengakui permintaan tambahan ini tidak diajukan sebelum musim haji tahun 2020.

"Cuma ini sifatnya tambahan acapkali munculnya belakangan. Jadi kita tidak sempat antisipasi. Ya mudahan-mudahan lebih baik," ucapnya. []

Berita terkait
Mendes PDTT Dorong Mahasiswa Mengabdi di Desa
Abdul Halim menilai kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak, terutama yang tinggal di perdesaan.
Dinkes Bali Bentuk Tim Contact Tracking Virus Corona
Tim Contact Tracking untuk melacak sejumlah tempat yang pernah didatangi turis China terjangkit virus corona saat berlibur ke Bali.
Mentan Bantah Ada Kelangkaan Pupuk Subsidi
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengaku distribusi pupuk belum dilakukan sepenuhnya oleh Kementerian Pertanian.
0
Bentrokan Geng Motor, Satu Mobil Dibakar di Makassar
Bentrokan antara geng motor dan warga di jalan Veteran Selatan Kota Makassar menyebabkan satu unit mobil dan satu motor dibakar.