Kemenpora & Unissula Kembangkan Kewirausahaan Pemuda

Kemenpora gandeng Unissula untuk kembangkan dunia wirausaha di kalangan mahasiswa.
Kemenpora bersama Unissula dalam kuliah kewirausahaan Pemuda secara virtual. (foto: Tagar/satria/kemenpora.go.id)

Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) lakukan kerjasama dengan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang untuk kembangkan dunia kewirausahaan.

Kerjasama dengan Perguruan Tinggi di bidang kewirausahaan ini sangat diperlukan untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan bonus demografi yang sebentar lagi akan dihadapi. Tujuan utama dari kerjasama ini guna mempersiapkan para lulusan perguruan tinggi dan Unissula yang siap masuk ke dunia kerja.

"Pengembangan kewirausahaan pemuda merupakan salah satu program prioritas Kemenpora RI, tujuan kerjasama ini agar para lulusan perguruan tinggi (salah satunya, Unissula) nantinya tidak sebagai pencari kerja tetapi penyedia lapangan kerja," ucap Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI).

Karena itu Kemenpora adakan Kuliah Kewirausahaan Pemuda secara daring bersama Unissula pada Senin 2 November 2020 dan dibuka oleh Menpora RI.

Zainudin juga menyampaikan apresiasinya kepada Rektor Unissula yakni Bedjo Santoso yang mendukung pengembangan kewirausahaan.

"Saya apresiasi Unissula mewajibkan setiap lulusan melalui Laboratorium Enterpreneur Center sebagai salah satu langkah untuk mengembangkan dunia kewirausahaan di kalangan mahasiswa," ucapnya.

Sementara itu, Mujib Rohmat selaku Anggota Komisi X DPR RI yang juga turut dalam kuliah kewirausahaan tersebut menyampaikan dukungan penuhnya kepada kegiatan yang mendorong mahasiswa untuk berwirausaha.

Kerjasama ini juga sejalan dengan tujuan pemerintah untuk terus meningkatkan angka penduduk yang berwirausaha dan secara data di Indonesia sendiri datanya masih kecil kecil dibandingkan negara-negara maju.

"Data menyebutkan 80% lulusan orientasi menjadi pegawai pemerintah/swasta, 14% ke politik, dan lebih kurang 3-4% wirausaha. Kami Komisi X DPR RI sangat mendukung program Kemenpora RI ini untuk terus dikembangkan," ucap Mujib.[]

Baca juga:

Berita terkait
Kemenpora: Kemeriahan Piala Menpora Esports 2020
Kemeriahan Piala Menpora Esports 2020 meski di situasi pandemi.
Kemenpora Tumbuhkan Semangat Wirausaha Bagi Mahasiswa
Kemenpora terus melakukan upaya-upaya untuk menghadapi bonus demografi. Salah satunya dengan menumbuhkan semangat berwirausaha bagi mahasiswa.
Kemenpora: Milenial Harus Bicara Kebijakan Publik
Deputi Kemenpora mengatakan, kepemimpinan hakikatnya adalah meramu berbagai kepentingan dan mengakomodasi agar tercipta keharmonisan.
0
Nama Varian Covid-19 Dengan Alfabet Yunani Hindari Stigma
WHO akan ganti penyebutan nama varian Covid-19 untuk hapus stigma negara-negara di mana jenis varian baru virus corona pertama kali dilaporkan