Kemenag Sampaikan 5 Program Prioritas Tahun 2020-2024

Kementerian Agama sampaikan lima program prioritasnya pada Tahun 2020-2024.
Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali. (Foto: Tagar/Istimewa)

Ambon - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali sampaikan 5 program prioritas Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2020-2024 saat sampaikan pembinaan ASN Kanwil Kemenag Provinsi Maluku pada Minggu, 7 Februari 2021.

"Saya ingin menyampaikan program prioritas Kementerian Agama, agar sama-sama diketahui bersama,” ucap Nizar di Aula Kanwil Kemenag Maluku.

Nizar mengatakan program prioritas yang pertama adalah meningkatkan pemerataan layanan pendidikan berkualitas. Contohnya dalam peningkatan status pada Perguruan Tinggi (PT) dengan memperbanyak guru besar serta juga dapat meningkatkan akreditasi PT maupun Program Study yang ada.

Prioritas kedua yakni peningkatan dan daya saing. "Hal ini bisa dicapai, semisal dengan melaksanakan pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kerjasama industri, sekaligus ini menjadi penguatan perguruan tinggi yang berkualitas," ujarnya.

Yang ketiga ialah revolusi mental dan pembinaan ideologi Pancasila. Pada revolusi mental contohnya seperti membangun pendidikan agar memperkuat nilai integritas, etos kerja, gotong royong dan budi pekerti. Kemudian dalam tata kelola pendidikan mengarah pada penguatan budaya birokrasi yang bersih, melayani dan responsif.

Keempat adalah penguatan moderasi beragama. Hal ini mengarah pada penguatan cara pandang, sikap dan praktik beragama jalan tengah (wasyatiyah) dalam membangun harmoni dan kerukunan umat beragama.

“Penyelarasan relasi agama dan budaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kehidupan beragama demi pengembangan ekonomi umat dan sumber daya keagamaan” kata Nizar.

Kemudian, yang kelima yakni reformasi birokrasi dan tata kelola untuk penguatan implementasi manajemen ASN.

“ASN wajib memiliki tiga unsur yakni kualifikasi, redistribusi, dan kompetensi,” kata Nizar Ali. []

Berita terkait
Merespon Isu Keagamaan, Kemenag & Komnas HAM Bentuk Desk
Kementerian Agama bersama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia bentuk desk untuk merespon secara cepat isu-isu keagamaan.
Menag Minta Jajarannya di Kemenag Sosialisasikan Prokes 5M
Terbitkan intruksi, Menag Yaqut minta jajaran Kemenag sosialisasikan penerapan protokol kesehatan 5M.
Viral Guru Beda Agama Ajar Geografi di MAN, Ini Kata Kemenag
Kemenag mengatakan adanya penempatan CPNS guru pelajaran Geografi non muslim di MAN Tana Toraja tidak melanggar aturan.
0
Panduan Pelaksanaan Salat Iduladha dan Ibadah Kurban 1443 Hijriah
Panduan bagi masyarakat selenggarakan salat Hari Raya Iduladha dengan memperhatikan protokol kesehatan dan melaksanakan ibadah kurban